Bea Cukai Sulsel Musnahkan Rokok Ilegal dan Sex Toys

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Pemusnahan Barang yang menjadi Milik Negara Hasil Penindakan Kanwil DJBC Sulbagsel dan Bea Cukai Makassar Tahun 2022. (Foto/Facebook Itwasda Sulsel)

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Sulawesi Bagian Selatan (Kanwil DJBC Sulbangsel), Provinsi Sulawesi Selatan () musnahkan satu juta batang rokok dan puluhan sex toys ilegal.

Selain dua barang tersebut memusnahkan ratusan liter miras dan kosmetik ilegal pada Rabu 30 November 2022 di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan ().

Nugroho Wahyu Widodo, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sulbangsel mengatakan, barang ilegal tersebut merupakan hasil penangkapan dan putusan pengadilan pada 2022.

“Hasilnya dikumpulkan oleh Kanwil DJBC Sulbangsel bersama Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Menengah Tipe B Makassar (KPPBCTMP B Makassar),” ucapnya di Kota Makassar, Rabu.

Baca: Bea Cukai Palu Musnahkan 1 Juta Batang Rokok Ilegal dan Miras

Raksasa yang dimusnahkan antara lain 1.875.750 batang rokok, 256,6 liter minuman beralkohol, 132 senjata, 12 anak panah, 47 sex toys, 523 kosmetik, 100 pil hingga 1.320 masker sekali pakai.

Nugroho memperkirakan nilai aset yang dimusnahkan sebesar Rp 2.262.128.011 dengan potensi kerugian status sebesar Rp 1.489.284.606.

“Pemusnahan ini merupakan wujud nyata komitmen DJBC untuk memantau dan menekan maraknya komoditas ilegal yang berpotensi membahayakan stabilitas keamanan, perekonomian negara, kesehatan masyarakat dan menjaga industri dalam negeri agar tetap kondusif,” kata Nugroho.

Baca: Bea Cukai Kendari Musnahkan Barang Ilegal Bernilai Miliaran

Dia mencontohkan, rokok disita karena tidak ada cukai. Padahal, cukai merupakan salah satu penerimaan pemerintah yang membantu perekonomian negara.

Semua barang bukti di tanah milik PT Katingan Timber Celebes akan dimusnahkan. Ketua DPRD Ina Kartika Sari dan Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen Totok Imam Santoso hadir dalam pemusnahan barang ilegal tersebut. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.