Bintang Pop Kanada Kris Wu Dijatuhi Hukuman 13 Tahun Penjara Karena Pemerkosaan di China

waktu baca 2 menit
Ket.Foto: Kris Wu (Instagram/@kriswu)

Selebriti, Gemasulawesi – Pengadilan Beijing telah menghukum Kanada 13 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas pemerkosaan, lebih dari setahun setelah penangkapannya di China, tempat dia dilahirkan dan membangun karir yang mempopulerkan namanya.

Pengadilan di distrik Chaoyang mengatakan penyelidikan menunjukkan bahwa dari November hingga Desember 2020, Wu, juga dikenal sebagai Wu Yifan, memperkosa tiga wanita.

“Wu Yifan memanfaatkan 3 (tiga) wanita mabuk … di rumahnya,” kata pengadilan di akun resmi WeChat.

Baca: Jinyoung GOT7 Dikabarkan Akan Menjalani Wajib Militer Maret Mendatang

Mantan anggota grup K-pop Exo, sang superstar kembali ke Tiongkok pada tahun 2014 untuk bersolo karier.

Wu ditahan di Beijing pada 31 Juli 2021 setelah seorang mahasiswa berusia 18 tahun secara terbuka menuduhnya membujuknya dan gadis-gadis lain yang beberapa dari mereka berusia di bawah 18 tahun, untuk berhubungan seks dengannya.

Pada saat itu, mahasiswa tersebut mengatakan kepada media bahwa Wu telah membujuknya untuk berhubungan seks ketika dia berusia 17 tahun, setelah menghujaninya dengan alkohol.

Pengadilan juga memutuskan dia bersalah karena kejahatan membuat kerumunan untuk melakukan hubungan seks bebas pada Juli 2018, katanya.

Kedutaan Besar Kanada di Beijing tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters, meskipun media pemerintah mengatakan para pejabatnya telah menghadiri hukuman tersebut.

Baca: Merilis Single Terbaru, Armand Maulana Berharap Rerata Berteman Dengan Anak Zaman Sekarang

Wu juga diperintahkan untuk membayar 600 juta yuan (£69 juta) karena menyembunyikan pendapatan pribadi dan pelanggaran terkait pajak lainnya, kata biro pajak.

Wu menghindari pajak 95 juta yuan dari 2019 hingga 2020 dengan menyembunyikan pendapatan pribadi melalui perusahaan afiliasi dalam dan luar negeri, dan pajak kurang bayar sebesar 84 juta yuan, kata pihak berwenang.

Pada saat dia ditahan, Wu menjadi duta untuk 15 merek brand, termasuk Bulgari, Lancôme, Louis Vuitton dan Porsche, yang semuanya langsung memutuskan hubungan dengannya.

Pengadilan mengatakan Wu akan dideportasi, meskipun pengacara di China mengatakan deportasi seperti itu biasanya dilakukan setelah hukuman selesai. (*/GLR)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.