Festival Sandeq 2022, 34 Perahu Siap Berlayar Menuju Kalimantan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Sejumlah Perahu Sandeq Ikuti Festival (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Barat, gemasulawesi – Festival Sandeq yang akan digelar pada 9 September 2022, sebanyak 34 perahu sandeq akan siap berlayar menuju pulau Kalimantan, sebagai tanda atau simbol yang dibungkus dalam budaya Sulawesi Barat.

Hal itu diungkapkan Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik di Mamuju, Sabtu 13 Agustus 2022.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat sedang menyelesaikan persiapan Festival Perahu Sandeq tradisional yang akan digelar pada 9 September 2022.

“Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sulawesi Barat dihimbau untuk lebih aktif dan melengkapi segala persiapan penyelenggaraan Festival Sandeq Sulawesi Barat,” ucap Akmal.

Ia menjelaskan, OPD di lingkungan Pemprov Sulawesi Barat juga diminta terus berkontribusi untuk memajukan Festival Sandeq Sulawesi Barat. Menurut dia, telah dicapai kesepakatan dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali bahwa Festival Perahu Sandeq di Sulawesi Barat akan digelar bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Ia mengatakan, Pemprov Sulawesi Barat telah menyusun langkah berbeda untuk menyelenggarakan dua kegiatan tersebut, yakni festival Haornas dan Sandeq.

Ia juga mengatakan, Pemprov Sulbar akan bertemu dengan Wali Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim, Rahman Mas’ud terkait pelaksanaan festival Sandeq yang akan digelar melintasi Selat Makassar dari wilayah Sulawesi Barat akan berlayar Ibukota Negara Baru (IKN) di pulau Kalimantan. Kegiatan festival Sandeq diadakan karena ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa pemerintah Sulawesi Barat mendukung pembangunan IKN melalui budaya Sandeq.

Baca: Berkas Perkara Bripka H Kembali Dilimpahkan ke Kejaksaan

“Sebanyak 34 kapal Sandeq akan berlayar ke Pulau Kalimantan sebagai tanda atau simbol budaya Sulawesi Barat. Bahwa 34 provinsi di Indonesia siap memberikan dukungan untuk percepatan pembangunan IKN,” ujarnya.

Festival Sandeq 2022 diselenggarakan dengan dana dari sponsor dan pihak swasta. Acara ini tidak akan menggunakan APBD karena Pemerintah Sulawesi Barat ingin semua elemen siap merayakan Festival Sandeq sebagai kebanggaan masyarakat Sulawesi Barat dan mensukseskannya.

Ia juga mengatakan, rute festival Sandeq akan dimulai dari Tanjung Silopo, Kabupaten Polman, menuju kawasan Somba dan Deking di Majene, Kabupaten Majene sejauh 170 kilometer. Kemudian akan berangkat ke Pulau Kalimantan dan dikawal TNI untuk memastikan keselamatan para passandeq atau orang yang mengemudikan perahu tradisional. (*/Ikh)

Baca: Pulihkan Trauma, SSGI Hibur Pelajar Korban Banjir Desa Torue

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.