CPNS 2019, Terbuka 60 Ribu Formasi Guru Naungan Pemda

waktu baca 2 menit
Illustrasi seleksi CPNS 2019 formasi guru.

Berita nasional, gemasulawesi- Pembukaan secara resmi pendaftaran seleksi CPNS 2019 tinggal menghitung hari, dari 197117 formasi tersedia, diantaranya 60 ribu formasi guru naungan Pemda.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menyampaikan, formasi guru penempatan di daerah adalah formasi terbanyak. Seperti yang telah digaungkan sebelumnya, sistem perekrutan kali ini akan banyak menyediakan tempat untuk posisi tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan.

“Sekitar 60 ribu formasi guru naungan Pemda. Formasi lainnya yang juga banyak tenaga kesehatan, sekitar 30 ribuan,” ungkapnya dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 17 Oktober 2019.

Sebagai perbandingan, CPNS kali ini memang lebih banyak menyediakan tempat bagi pemerintah daerah.

Baca juga: 245 Peserta Ikuti Ujian SKB CPNS Parigi Moutong

Rinciannya, sebanyak 37854 formasi untuk 74 kementerian/lembaga (instansi pusat), serta 159.257 formasi untuk 467 pemda.

Ia melanjutkan, postur formasi pada seleksi CPNS 2019 secara umum bakal lebih memprioritaskan porsi bagi tenaga teknis ketimbang yang bersifat administratif.

“Kalau sekarang masih banyak yang administrasi. Nanti kedepannya akan lebih banyak yang teknis. Misalnya, guru, tenaga kesehatan, atau yang seperti lainnya semisal insinyur dan sebagainya,” jelasnya.

Baca juga: Ujian SKB di BKN Gorontalo, Ini Jadwal Intansi Pemda Parimo Sulteng

Sisanya lanjut dia, tenaga teknis lainnya, seperti kedokteran hewan, penyuluh pertanian, analis kerjasama, teknik sipil dan teknik mesin.

Ia mengatakan, sehabis pembagian formasi CPNS kepada sejumlah instansi penerima, masing-masing instansi memiliki banyak tugas untuk mengkaji pemberian formasi itu hingga sempurna.

Baca juga: Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Mepanga Parigi Moutong

Ia berharap, seluruh tahap awal penerimaan bisa rampung sebelum memasuki November. Alasannya, Menteri PANRB sebelumnya sudah mengumumkan pembukaan CPNS akan diinformasikan pada 25 Oktober 2019. Kemudian, masa pengumuman formasi akan berlangsung pada kurun waktu 15 hari setelah resmi diumumkan.

“Pada hari ini akan kita umumkan penerimaan CPNS. 15 hari kalender untuk pengumuman tidak boleh diinterupsi jadi sepuluh hari. Pada PP 11/2017 tentang Manajemen PNS jelas termuat,” tegas Kabiro Humas BKN, Ridwan.

Baca juga: Prabowo Menang Hitung Suara di Desa Kayuboko

Kemudian, dalam waktu 15 hari kalender sejak diumumkan secara resmi, masyarakat pun dapat mengakses formasi apa saja yang tersedia melalui website dan media sosial milik masing-masing instansi serta pada portal sscan.bkn.go.id.

Ia menambahkan, hingga nanti pengumuman penerimaan resmi dibuka, portal sscasn belum bisa diakses.

“Jadi kalau ada netizen atau warganet yang ngeluh belum buka, ya emang belum. Sekarang ini masih tahap pembagian formasi,” tutupnya.

Baca juga: Corona Sulteng Hari Ini, Satu Kasus Baru dan Tujuh Pasien Sembuh

Sumber: liputan6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.