Masyarakat Apresiasi Perintah Tegas dari Kapolri kepada Kapolda untuk Memberantas Segala Jenis Kejahatan

waktu baca 2 menit

Berita Hukum, Gemasulawesi – Lembaga Kajian Strategis (Lemkapi) Polri menilai perintah tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh Kapolda untuk memberantas segala bentuk kriminalitas dan tidak segan-segan menindak mereka yang tidak mampu, ketegasan ini semakin meningkatkan kepercayaan di kalangan masyarakat.

“Kami melihat perintah Kapolri sangat tegas. Kami melihat semua jajaran kepolisian daerah terus bergerak cepat, termasuk pemberantasan perjudian dan kegiatan ilegal lainnya, seperti BBM dan tambang ilegal yang telah meresahkan sebagian besar masyarakat. ”, kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan dalam keterangannya, Minggu (21/8/2022).

Sikap tegas Kapolri ini mampu mengembalikan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang sempat turun.
“Kami sangat optimistis kepercayaan terhadap Polri ke depan akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” ujar pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara ini.

Baca: Tanggul Sungai Jebol Lagi, Desa Torue Kembali Terendam Banjir

Transparansi dan ketangguhan, kata Edi, paling baik mengembalikan kepercayaan publik. Saat itu Ferdy Sambo dan istrinya ditetapkan sebagai tersangka dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup. Mereka segera mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada polisi dari 78% menjadi hanya 28% ketika polisi mengumumkan kematian Brigadir J dalam penembakan.

Edi melihat indikasi ini sebagai pertanda baik bahwa Polri akan memberantas judi dan kegiatan ilegal lainnya serta menindak tegas ketika ada oknum yang membekengi usaha illegal tersebut.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung Kapolri dalam penyelenggaraan Polri untuk kepolisian yang lebih baik. Kami yakin Kapolri mampu melakukan ini,” kata pengamat dari kepolisian ini. (*/GSA)

Baca: Polda Sulawesi Selatan Tetapkan 3 Tersangka Korupsi di Dishub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.