Pemda Yogyakarta Memberikan Penjelasan Mengenai Susunan Acara Pernikahan Kaesang

waktu baca 2 menit
Ket. Foto: Kaesang & Erina (Instagram/@kaesangp)

Nasional, Gemasulawesi – Pemda Yogyakarta angkat bicara usai menerima jadwal acara prosesi pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, dan , pada 10 Desember 2022. “Akad nikah akan dimulai pada 8 Desember dan puncaknya pada 10 Desember di Yogyakarta,” kata Sekda Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji, Jumat 25 November 2022.

Aji menjelaskan, pada Kamis, 8 Desember, prosesi akan diawali dengan pengajian Al-Quran. Merupakan tradisi membaca dan mendengarkan lantunan Al Quran oleh keluarga calon pengantin di Yogyakarta. Keesokan harinya, Jumat, 9 Desember 2022, keluarga calon mempelai akan melakukan prosesi bleketepe dan malam midodareni.

Bleketepe sendiri merupakan bagian dari dandanan prosesi pernikahan adat Jawa, berupa anyaman janur mengelilingi area pernikahan sebelum prosesi. Upacara Al-Quran dan pemasangan bleketepe akan berlangsung di Kediaman Kekasih Kaesang, Erina Gudono, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Baca: BNPB Fokus Cari Korban Gempa Cianjur Dalam Waktu Tiga Hari

“Setelah memasang bleketepe dan sebagainya, acara puncak akad nikah akan dilaksanakan pada 10 Desember 2022 mulai pukul 12.00 WIB,” kata Aji. Sedangkan untuk tempat pelaksanaan akad nikah sendiri, Aji belum merinci apakah akan digelar di Royal Hotel Ambarrukmo Hall atau di tempat lain.

“Setelah memasang bleketepe dan dan seterusnya, acara puncak upacara pernikahan akan diadakan pada 10 Desember 2022 mulai dari pada 12.00 WIB, kata Aji. Mengenai lokasi akad nikah sendiri Aji belum mengklarifikasi apakah akan dilangsungkan> di Royal Hotel Ambarrukmo Lobi atau di lokasi lain.

“Gubernur pasti akan diundang, tapi apakah dia saksi di pesta pernikahan atau tidak, kami belum mendapat informasi,” kata Aji. Yogya, kata Aji, tidak mungkin terjadi. Pejabat negara kemungkinan akan menghadiri resepsi pernikahan di Candi Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah.

Baca: Ki Joko Bodo Meninggal Dunia, Sempat Wakafkan Rumahnya jadi Masjid

“Kemungkinan akan lebih banyak lagi tamu resmi pada acara nunduh mertua di Solo,” ujarnya.
Kabid Humas Polda DIY Kompol Yuliyanto mengatakan sedang menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi dan akad nikah Erina Gudono di Yogyakarta.

“Engineering itu untuk mengantisipasi kemungkinan macet,” kata Yuliyanto yang belum mengungkapkan lokasi pasti akad nikah. Salib sedang disiapkan oleh polisi yang mengamati situasi di lapangan. (*/SAN)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.