Selebgram di Makassar Sebar Konten LGBT Divonis 1,6 Tahun Bui

waktu baca 1 menit
Ilustrasi Gambar

Berita Hukum, gemasulawesi – Selebritas Instagram (Selebgram) di Makassar menjadi terdakwa terkait kasus penyebaran konten LGBT, Dimas Adipati dijatuhi vonis majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Sulawesi Selatan, pidana kurungan penjara selama 1,6 tahun.

Dalam putusan ini, majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa telah dibuktikan secara res judicata dan secara meyakinkan telah melakukan tindak pidana yang melanggar Pasal 45 (1) jo Pasal 27(1) UU No. 2016 mengubah Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik bersama dengan Pasal 64 (1) KUHP.

“Terdakwa divonis 1 tahun 6 bulan penjara,” demikian dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Makassar, Kamis 11 Agustus 2022.

Baca: ASN Donggala Hilang Saat Melaut Ditemukan Tewas

Selain itu, terdakwa kasus penyebaran konten LGBT itu juga dijatuhkan sanksi denda sebesar Rp 25 juta dalam putusan majelis hakim.

Ia mengatakan, dengan ketentuan jika denda tidak dibayar, maka akan diganti dengan hukuman penjara tiga bulan.

Hukuman terhadap terdakwa lebih ringan dari hukuman tiga tahun penjara yang dituntut oleh kejaksaan. Namun, majelis hakim hanya menjatuhkan hukuman pidana 1 tahun 6 bulan.

Namun, putusan yang relatif rendah itu tidak diterima oleh terdakwa yang mengajukan banding atas putusan majelis hakim PN Makassar. (*/Ikh)

Baca: Bulog Sulawesi Utara Pastikan Stok Minyak Goreng Hingga 2023

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.