Tenaga Terbatas, Lurah Rimuku Ajak Warga Jaga Kebersihan

waktu baca 2 menit
Lurah Rimuku Kabupaten Mamuju, Sunardi (Foto: Aqil)

, gemasulawesi.com Tenaga dan anggaran terbatas, Lurah Rimuku Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat ajak warga untuk menjaga kebersihan.

Hal ini disampaikan, Lurah Rimuku Kabupaten , Sunardi, kepada gemasulawesi.com, di kediamannya. Minggu, 5 Agustus 2019. Ia mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan program gerakan Mapaccing.

“Namun warga juga harus sadar, bahwa tenaga kami sangat terbatas. Jadi bantulah dengan tidak membuang sampah sembarangan,” tuturnya.

Saat ini lanjut dia, pihaknya masih mencari formulasi terbaik, agar program Mapaccing berhasil dicapai.

Hal tersebut kata dia, menindaklanjuti arahan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Hamdan Malik. Arahan upaya membangun militansi personel dengan membangun kebersamaan dan kekeluargaan.

“Sinergitas melaksanakan program antara DLH , Camat dan Lurah. Termasuk diantaranya pembiayaan dan armada motor tiga roda untuk menjangkau masyarakat,” jelasnya.

Tujuan pembagian kewenangan kata dia, agar pemerintah kecamatan dan kelurahan dapat bertanggung jawab terhadap persoalan sampah di wilayah masing-masing.

Alasannya, Lurah dan Camat adalah perangkat pemerintah yang paling dekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Oleh karena itu warga dapat memberikan dukungan agar keterbatasan kita menciptakan benar-benar bersih dapat terwujud.

“Kebersihan tidak cukup hanya dengan semangat, perlu dukungan dari semua pihak. Agar program Mapaccing tidak hanya menjadi slogan melainkan semangat yang murni lahir dari masyarakat,” tutupnya.

Laporan: Aqil Azizi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.