Tolak Tersangka Pembunuhan Sebagai Pelajar Titipan di Sinjai

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sinjai, Sulawesi Selatan, lakukan lakukan aksi protes kepada pihak sekolah tolak tersangka pembunuhan menjadi murid titipan.

Kali ini, Jumat 26 Agustus 2022, ratusan siswa SMAN 5 Sinjai menyatakan tolak tersangka pembunuhan dengan menggelar aksi mogok siswa.

Ratusan siswa ini rupanya baru saja bolos sekolah dan dikawal puluhan petugas polisi.

Berbeda dengan demonstrasi sebelumnya dimana mereka melakukan orasi yang menyerukan pengunduran diri pejabat sekolah setelah menerima empat tersangka pembunuhan yang dititipkan ke Lembaga Pemasyarakatan Anak (Bapas).

Polisi Sinjai berusaha menengahi dan menggelar mediasi. Namun, upaya mereka menemui jalan buntu.

“Sudah ada pertemuan, tapi pertemuan antara mahasiswa dan direktur harus dibatalkan karena situasi tidak memungkinkan untuk dilanjutkan,” ucap AKP Fatahuddin, Kepala Satuan Bimbingan masyarakat (Kasat Binmas).

Polisi Sinjai, yang memimpin jalannya mediasi.Kepala SMAN 5 Sinjai Aliyudin mengakui bahwa keputusan memasukkan tersangka ke sekolah tersebut bukanlah keinginan pribadinya.

Ia mengatakan bahwa ia hanya mengikuti aturan pendidikan yang ditetapkan oleh pihak bapas.

Baca: Cegah Cacar Monyet, Pemkot Makassar Buka Posko Pencegahan

“Menurut undang-undang saat ini, semua anak yang ditahan di Lapas berhak atas pendidikan, dan sekali lagi, mereka ini hanya titipan dari Bapas, bukan atas kehendak saya,” terang Aliyudin.

Penolakan yang diutarakan para siswa tersebut terjadi pada Kamis 25 Agustus 2022 dan berlanjut hingga hari ini dimana para siswa telah menduduki sekolah tersebut.

Dalam sambutannya, mereka meminta pihak sekolah untuk membatalkan penerimaan 4 pelaku kasus pembunuhan untuk mengikuti proses belajar mengajar. (*/Ikh)

Baca: Cemburu, Pemuda di Makassar Aniaya Pacar Hingga Babak Belur

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.