13 Cara Memulai Bisnis Online Mudah, Praktekkan Sekarang!

waktu baca 11 menit

, gemasulawesi – Berbisnis secara memang mengandalkan internet, namun hal ini bisa memangkas biaya keseluruhan yang digunakan. Dalam prosesnya, tak hanya mengandalkan proses marketing dari internet, namun juga penyatuan kemampuan pebisnis ke dalam sistem yang sedang dijalankan.

Sehingga, tak heran jika para calon pebisnis belajar cara memulai terlebih dahulu agar tidak kalah saing dan merugi. Sebab, kini kerugian yang disebabkan oleh kegagalan angkanya tidak kira-kira lagi. Jika kamu memang ingin memulai daring, pastikan untuk membaca artikel kami ini hingga selesai, ya.

Sebab, kami akan memberikan beberapa tips atau cara memulai online agar tidak mengalami kerugian terlalu banyak. Ikuti pembahasan kami hingga selesai!

13 Cara Memulai Online, Praktekkan!

Internet menjadi salah satu media berbisnis yang banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis modern di masa kini. Berkat adanya internet, proses jual beli secara tatap muka telah tergantikan dengan proses jual beli online secara daring. Sehingga, para pembeli tidak perlu lagi bertemu dengan penjual untuk mendapatkan produk.

online melalui perantara internet tidak hanya digunakan untuk para pemasar produk barang, namun juga produk jasa. Banyak pertukaran jasa dengan uang yang terjadi melalui internet setiap harinya. Dan telah banyak pula pebisnis yang sukses karena menghandle online mereka dengan sangat baik hingga sekarang.

Kamu ingin sukses seperti mereka? Jangan takut untuk memulainya sejak dini, ya. Sebab, semakin dini kamu memulai, semakin besar pula peluangmu untuk sukses. Nah, pada artikel berikut ini kami akan memberikan beberapa tips cara memulai online yang practicable. Yuk, lakukan sejak sekarang!

  1. Jangan ragu belajar ilmunya sejak sekarang!

Ketika berbicara tentang online, kesannya kita hanya berjualan melalui internet, dan produk bisa diantarkan langsung ke tempat pembeli. Namun, ternyata dunia online tidak semudah itu. Apabila online semudah membalikkan tangan, atau buka tutup jendela Google Chrome, semua orang sudah kaya sejak dulu karena berbisnis online.

Ada banyak sekali ilmu yang harus kamu pelajari sejak dini apabila berniat serius untuk memulai bisnis online. Contohnya, memahami konsep bisnis online, jenis-jenis bisnis online yang dijalankan pengusaha, jenis-jenis metode pemasarannya, algoritma aplikasi yang digunakan untuk berbisnis online, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mencari tempat kursus terkait bisnis online yang murah meriah di internet. Biasanya, tempat kursus akan menawarkan berbagai e-book yang bisa dipelajari secara mandiri, yang isinya seluk beluk sukses berbisnis online. Selain itu, banyak juga tempat kursus yang menyediakan fasilitas tatap muka secara daring maupun luring bagi yang berminat belajar.

  1. Rumuskan rencana bisnis yang strategis

Langkah berikutnya, yang harus dilakukan yaitu merumuskan rencana bisnis yang strategis. Rencana bisnis tersebut benar-benar harus dirumuskan dengan baik, sehingga bisnis online yang sedang Anda jalankan bisa sukses. Perlu kamu tahu, berbisnis online bukan hanya tentang menjual apa yang kamu bisa atau apa yang kamu bisa produksi/pasarkan.

Namun, semua ini berbicara tentang kebutuhan dan keinginan masyarakat. Misalnya, target pasar adalah penyuka produk dengan kemasan sedang. Jika kamu banyak menjual produk dengan ukuran kemasan terlalu besar, bisa jadi toko online mu menjadi sepi pengunjung.

Itulah mengapa kami menyarankan bagi para calon pebisnis online untuk merumuskan rencana bisnis yang praktis. Pastikan kamu tahu apa yang ingin dijual, berapa harga yang akan ditawarkan, berapa tingkat laba yang akan dicanangkan, dan berbagai hal lain terkait bisnis yang akan dijalani.

  1. Lakukan riset target pasar

Berikutnya, cara memulai bisnis online lainnya yaitu dengan cara melakukan riset untuk menentukan target pasar. Target pasar merupakan sekumpulan pembeli dengan karakteristik yang sama, yang menentukan keberhasilan bisnis online mu nanti.

Melakukan riset untuk menentukan target pasar tidak sesulit yang kamu kira, kok. Kamu bisa mulai mengelompokkan kategori pembeli yang kemungkinan besar akan membeli produk yang kamu jual. Dengan melakukan riset target pasar, nantinya kamu juga bisa menentukan metode pemasaran produk yang akan dijalankan.

Proses riset target pasar tidak cukup dilakukan pada awal proses memulai bisnis online. Kamu harus secara terus menerus melakukan pemantauan dan melakukan riset target pasar agar bisnis yang sedang dijalankan tidak kalah saing dengan bisnis milik pihak lain.

  1. Bekerjasama dengan pemasok terpercaya

Pada urutan selanjutnya, pastikan untuk bekerjasama dengan pemasok terpercaya. Pemasok adalah pihak yang bertanggungjawab dalam melakukan penyediaan bahan mentah maupun bahan setengah jadi dan produk jadi pada para klien mereka.

Kesuksesan bisnis online yang dijalankan seringkali bergantung pada kemampuan pemasok untuk menyediakan barang. Apabila banyak pembeli yang memesan produkmu namun pemasok yang bekerjasama denganmu melakukan mogok kerja, maka ketersediaan barang di toko online akan terhambat.

Kelancaran penyediaan barang yang dilakukan oleh pemasok juga bisa berakibat pada tingkat trust atau kepercayaan para konsumen. Pastikan kamu bekerjasama dengan pemasok yang benar-benar kompeten dan kredibel, serta memiliki track record yang baik di masa lalu.

  1. Lakukan pemasaran internet

Berikutnya, cara memulai bisnis online yang kami sarankan yaitu melakukan pemasaran internet. Bisnis online sebagian besar terhubung dengan internet, para pembeli pun juga harus mengakses dunia internet apabila ingin memesan produk barang maupun jasa dari tokomu.

Jika kamu tidak melakukan pemasaran yang efektif di dunia internet, dari mana konsumen memperoleh informasi terkait produk yang kamu jual? Sehingga jika tidak melakukan pemasaran internet/pemasaran online/online marketing, toko online milikmu akan kalah saing dengan toko lainnya.

Akibatnya, proses pemasaran produk yang dilakukan secara online tidak akan mendatangkan penghasilan. Di internet, ada banyak sekali metode pemasaran internet, baik secara organik maupun dengan cara paid marketing.

Instagram, TikTok, dan Youtube adalah beberapa jenis media sosial yang paling banyak digunakan untuk melakukan online marketing. Ketika ingin melakukan pemasaran di berbagai aplikasi tersebut, pastinya kamu harus terlebih dahulu mempelajari algoritma aplikasinya terlebih dahulu.

  1. Jalin kerjasama dengan banyak pihak

Melakukan kolaborasi juga merupakan kunci sukses berbisnis online. Poin yang satu ini merupakan langkah penting yang termasuk cara memulai bisnis online tanpa ribet. Sebab, di dunia internet pun para pengusaha harus mengandalkan relasi jika tidak ingin kalah dengan kompetitor.

Dalam melakukan pemasaran tidak langsung secara online maupun offline, kamu harus menjalin relasi dengan banyak orang. Entah yang berasal dari kalangan pebisnis, ahli , ahli produk, dan lain sebagainya. Sehingga produk yang kamu jual bisa semakin terekspos.

Mereka yang menjalin hubungan baik denganmu pasti juga akan mampu membantu proses pemasaran produkmu nantinya. Sehingga proses marketing produk tidak hanya bisa dilakukan secara online, namun juga secara offline melalui dunia nyata.

  1. Persiapkan modal awal bisnis

Jika kamu masih baru di dunia bisnis online, hal lain yang akan kami katakan adalah berusahalah sebaik mungkin untuk mendapatkan modal awal untuk berbisnis. Banyak pebisnis yang merugi karena tidak bisa mencari aliran modal untuk bisnis mereka.

Proses mengumpulkan modal harus dilakukan dengan baik. Apabila perlu, pastikan untuk mencari investor awal agar bisnis online yang kamu kembangkan semakin baik kondisinya. Selain itu, usahakan pengeluaran bisnis tidak pernah lebih besar dari pemasukan yang diterima.

Pisahkan nomor rekening untuk harta pribadi dengan perusahaan, dan selalu jujur dalam menggunakan uang yang diperoleh dari hasil bisnis online. Ketika bisnismu semakin besar, nantinya kamu akan sudah terbiasa menggunakan uang hasil bisnis dengan baik dan benar, serta semestinya. Dengan begitu, modal awal yang dipersiapkan bisa cepat mendatangkan keuntungan.

  1. Jalin relasi dengan para pembeli

Kamu boleh berusaha sekuat tenaga dalam mengembangkan bisnis online yang sedang dimulai perjalanannya. Namun, cara lain yang mungkin menginspirasi kamu yaitu : jalinlah relasi dengan para pembeli. Kita sebagai makhluk sosial tidak akan merasa terputus hubungan jika jalinan komunikasi selalu dijaga.

Sebagai penjual, kita adalah manusia biasa, sama halnya dengan para pembeli. Satu orang pembeli yang menjadi konsumen tetap, pastinya akan sangat berperan dalam mengembangkan kesuksesan bisnis tersebut. Sehingga, cara ini termasuk dalam cara memulai bisnis online yang harus kamu terapkan sejak sekarang.

Pastikan untuk stay in touch dengan para pembeli, sehingga ketika mereka mengalami berbagai kesulitan terkait penggunaan produk, kamu bisa langsung menanggapi hal tersebut dengan baik. Dengan begitu, para pembeli akan tetap loyal terhadap tokomu.

  1. Kreatif membuat konten pemasaran

Mengetahui metode pemasaran online yang efektif saja belum tentu bisa membuat produk laku keras. Dibutuhkan pembuatan berbagai konten pemasaran yang kreatif dan inovatif agar orang-orang baru selalu tertarik untuk membeli produk di tempatmu.

Nah, kami akan merekomendasikan cara memulai bisnis online lainnya. Yaitu dengan cara kreatif membuat konten yang digunakan untuk melakukan online marketing. Buatlah konten semenarik mungkin, namun yang padat informasi, dan bisa membuat para target pasar baru tertarik untuk membeli produk dari tokomu.

Ketika akan membuat konten pemasaran yang baik, usahakan isinya benar-benar relevan dengan konsep bisnis yang kamu usung. Berbagai ilmu terkait pembuatan konten marketing berupa naskah, gambar, video, maupun audio bisa dengan mudah kamu temukan di internet nantinya.

  1. Berikan garansi pada pembeli

Langkah lainnya yang termasuk dalam cara memulai bisnis online yang bisa kami sarankan padamu yaitu: selalu berikan garansi pada para pembeli. Bentuk dari garansi ada bermacam-macam. Bisa berupa penggantian barang, pengembalian uang, pemberian kompensasi kekecewaan, dan lain sebagainya.

Ketika pengusaha online memberikan garansi, itu artinya mereka berani mengganti kerugian yang dirasakan oleh para pembeli yang membeli produk mereka secara online. Nyatanya, garansi memang sangat penting bagi para pebisnis online.

Keberadaan garansi akan membantu mempertahankan keberadaan pengguna loyal yang memakai produk kita. Dengan adanya garansi, pembeli akan merasa bahwa toko onlinemu benar-benar kredibel dan layak diberikan kepercayaan penuh.

Dengan begitu, mereka pun tidak segan-segan untuk mengajak orang lain untuk membeli produk di tempatmu. Jangan khawatir, memang ada ilmu tersendiri dalam memberikan garansi produk agar penjual tidak dirugikan. Oleh karena itu, pada langkah nomor 1 cara memulai bisnis online, kami menyarankan kamu untuk belajar langkah-langkah bisnisnya terlebih dahulu sebelum memulai usaha.

Baca: Ribuan Jasa Cetak Kartu Vaksin di Marketplace Diblokir

  1. Lakukan analisis kompetitor

Ketika ingin memulai bisnis, langkah selanjutnya yang harus kamu terapkan yaitu dengan melakukan analisis terhadap bisnis yang dijalankan oleh kompetitor. Proses melakukan analisis kompetitor ini sangat penting untuk dilakukan, agar bisnis yang kamu jalankan benar-benar bisa bertahan di tengah badai yang datang.

Melakukan analisis kompetitor bisa dilakukan dengan cara memantau kegiatan bisnis mereka melalui internet, memantau review atau testimoni yang diberikan oleh pembeli, hingga menjadikan hasil analisis tersebut sebuah langkah untuk maju ke depan.

Pastinya, ada berbagai hal yang kamu temukan ketika melakukan riset kompetitor. Dengan mengetahui kelemahan pihak oposisi, nantinya kamu bisa menentukan langkah apa yang akan dijadikan dasar tindakan untuk pengembangan bisnis yang dijalankan.

  1. Manfaatkan marketplace!

Istilah marketplace mengacu pada platform online yang bisa dijadikan sebagai sarana jual beli secara online. Sekarang ini, memanfaatkan marketplace menjadi salah satu cara memulai bisnis online yang tidak boleh ketinggalan untuk dilakukan.

Marketplace seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, dan lain sebagainya mampu membuat toko onlinemu lebih outstanding. Ketika melakukan proses jual beli secara online melalui marketplace, seringkali kamu harus melakukan serangkaian proses registrasi.

Namun jangan khawatir, setelah proses registrasi selesai, akun marketplace tersebut bisa langsung digunakan untuk berjualan, lho. Tanpa perlu repot, kamu harus sering mengupdate informasi produk dan harga yang ada di akun tersebut, agar pembeli tidak membuang loyalitas mereka yang tadinya diberikan pada tokomu!

  1. Optimasi website lewat SEO

Cara memulai bisnis online lainnya yaitu dengan membangun website online di internet. Pembuatan website sangat direkomendasikan bagi para pebisnis yang ingin memasarkan produknya lewat internet. Sekarang ini, eksistensi website e-commerce bahkan tidak kalah populer daripada platform/aplikasi marketplace.

Banyak sekali perusahaan yang membuat website official mereka sendiri demi gaining trust para pembeli. Namun, adanya website bukan jaminan bahwa produk akan laris dibeli. Website marketplace harus dioptimasi secara rutin lewat optimasi search engine, istilah lainnya yaitu optimasi SEO.

Dengan melakukan optimasi lewat SEO, nantinya website akan mengantarkan masyarakat untuk mengenal lebih dalam produk yang sedang kamu perjual belikan. Tenang saja, biaya untuk melakukan optimasi SEO tidak terlalu besar, dan tetap tergantung berbagai fasilitas yang digunakan untuk mengoptimasinya.

Umumnya, para pebisnis lebih menyukai model website e-commerce daripada website biasa untuk menawarkan produk mereka. Website e-commerce memiliki fitur-fitur khusus yang memungkinkan proses jual beli dilakukan secara online oleh penjual dan pembeli. Dengan begitu, pembeli tidak perlu lagi “lari” ke marketplace apabila ingin membeli produkmu.

Itulah 13 Cara Memulai Bisnis Online!

Setelah mengetahui beberapa cara memulai bisnis online atau melalui internet seperti yang kami jabarkan pada 13 poin di atas, apakah kamu tertarik untuk mulai menjalankan bisnis jenis ini?

Jika ya, praktekkan satu demi satu poin yang telah kami tuliskan di atas. Sebab, dengan menerapkan ke-13 poin yang telah disebutkan, kamu akan bisa memulai bisnis online dengan lebih praktis nantinya.

Dan juga, setelah menerapkan ke-13 cara yang kami beritahukan, pastinya bisnis online yang kamu jalani bisa lebih lancar dan minim kerugian. Yuk, praktekkan step by step cara memulai bisnis online tersebut. Dan semoga artikel yang kami buat kali ini bisa bermanfaat buatmu, ya! (*/Fan)

Baca: 5 Rahasia Bisnis Pemula Untuk Raup Kesuksesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.