Baik untuk Ibu Hamil dan Bayi, Ini Beberapa Manfaat Omega-3

waktu baca 3 menit

Kesehatan, gemasulawesi – Omega-3 adalah zat penting bagi ibu hamil karena memiliki manfaat dukung perkembangan bayi sehat dan jaga ibu. ada dalam bentuk ALA (Asam Alfa-Linolenat), EPA (Asam Eicosapentaenoic, serta DHA (Asam Docosahexaenoic). EPA serta DHA merupakan yang tubuh butuhkan untuk serta perkembangan optimal. 

Cukupi asupan pun penting untuk jaga keseimbangan produksi zat yang mirip hormon, yaitu prostaglandin. Zat ini memiliki peran membantu atur banyak fungsi fisiologis yang penting dalam tubuh. 

Manfaat Bagi

Ada sejumlah manfaat omega-3 bagi dan bayi dikandungan, seperti:

  • Perkembangan Janin Sehat

Janin di kandungan akan gunakan omega-3 untuk perkembangan sistem saraf. Manfaat omega-3 yang pertama adalah tingkatkan pertumbuhan serta perkembangan awal mata serta otak bayi. Sebuah penelitian sudah buktikan penambahan EPA serta DHA ke makanan punya efek positif pada perkembangan penglihatan serta kognitif bayi. 

  • Turunkan Risiko Preeklampsia

Omega-3 untuk pun bisa turunkan tekanan darah serta kurangi risiko sakit jantung. Jika tekanan darah terlampau tinggi, maka semakin besar risiko terjadinya preeklampsia. Preeklamsia dapat tingkatkan risiko komplikasi di ibu serta janin. 

  • Turunkan Kemungkinan Alergi pada Bayi

Di sebuah publikasi yang American College of Nurse-Midwives terbitkan disebutkan jika cukupi kebutuhan omega-3 bisa turunkan risiko bayi terkena asma dan kondisi alergi yang lain. 

  • Turunkan Risiko Bayi Lahir secara Prematur

Mengonsumsi asam lemak omega-3 pun mempunyai efek yang positif pada kehamilan. Peningkatan dari asupan EPA dan DHA sudah terbukti cegah persalinan serta kelahiran secara prematur dan mungkin bisa tambah berat badan lahir bayi.

  • Turunkan Risiko Depresi Pasca Persalinan

Kekurangan asupan omega-3 bisa tingkatkan risiko ibu alami depresi. Mungkin ini yang menjadi alasan gangguan pada suasana hati pasca persalinan dapat jadi lebih buruk serta bisa dimulai lebih awal di kehamilan yang berikutnya. Cukupi kebutuhan omega-3 bagi bisa bantu turunkan risiko alami depresi setelah persalinan. 

Sumber Omega-3 Aman Bagi

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tubuh tidak memproduksinya serta hanya bisa didapatkan dari makanan dikonsumsi. Namun, hanya sedikit makanan mengandung omega-3. 

Beberapa asupan ini mengandung asam lemak omega-3:

  • Ikan yang Berlemak

Ikan berlemak seperti sarden, salmon, serta trout. Namun, memilih ikan sebagai sumber omega-3 harus dilakukan secara hati-hati karena ada banyak ikan dari perairan yang tertentu mungkin mempunyai kandungan merkuri serta PCB (Polychlorinated Biphenyls) tinggi yang bisa hambat perkembangan otak janin. Oleh sebab itu, sangat penting untuk diketahui darimana ikan tersebut berasal. 

Supaya bisa konsumsi ikan sumber asam lemak omega-3 yang aman, pilih ikan rendah merkuri serta jangan konsumsi ikan dalam kondisi yang mentah. Buang kulit serta lemaknya sebelum dimasak. 

Proses pemasakan ikan dengan memanggang, mengukus, merebus, atau membakar ikan mungkin bisa buang lemak serta kurangi PCB ikan. Mengonsumsi 2 porsi ikan yang berlemak tiap minggu bisa berikan sekitar 200 – 300 mg omega-3 per hari yang bermanfaat sekali untuk tubuh. 

  • Telur Ayam

Sejumlah telur pun mengandung DHA yang tinggi karena jenis makanan diberikan sebagai pakan ayam. Biasanya telur-telur ini ditandai sebagai telur omega-3. Dalam telur omega-3 ada sekitar 150 mg DHA tiap telur. 

  • Suplemen

Omega-3 bagi pun bisa dipenuhi dengan konsumsi makanan diperkaya lemak omega-3 ataupun dari suplemen omega-3. Ini jadi pilihan aman selama diproduksi produsen terpercaya. Hindari minyak ikan cod menjadi sumber lemak omega-3, karena mungkin di dalamnya mengandung vitamin A yang terlalu banyak untuk

Itulah sejumlah manfaat omega-3 bagi dan beberapa sumber makanan yang mengandung omega-3 dan aman untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat. (*/Fan)

Baca: 8 Surga Kuliner Malam Jakarta, Harga Merakyat Wajib Buat Dicoba!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.