Menpan RB Minta Layanan Keimigrasian Untuk Bertransformasi

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Menpan RB Abdullah Azwar Anas saat memberikan penghargaan (Foto/Kemenpan RB)

Nasional, gemasulawesi – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas meminta, agar keimigrasian untuk bertransformasi.

Sebab wajah mencerminkan perwakilan Indonesia karena adalah pos pemeriksaan bagi orang asing untuk masuk ke Indonesia, sehingga keimigrasian perlu bertransformasi.

Hal tersebut disampaikan Abdullah Azwar Anas pada Rapat Kerja Nasional Pemantapan dan Penilaian Ditjen Tahun 2023 di Jakarta pada Kamis 19 Januari 2023 kemarin.

Baca: Berkunjung ke Bunaken, Presiden Joko Widodo Singgung Turis Asal Cina

“Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada . Menkumham Pak Yasonna Laoly juga sangat gencar mendorong ini. menjadi perhatian pemerintah karena seperti etalase bagi negara. Kami di Kementerian PANRB memiliki tugas untuk memperkuat kepemimpinan birokrasi,” ujar Menteri Anas.

Menyambungkan, sejalan dengan intruksi Presiden Joko Widodo dan mendapat respon Kementerian Hukum dan HAM, sehingga di Kantor di setiap daerah dilakukan melalui penerapan digitalisasi terintegrasi.

Ini adalah upaya untuk menggambarkan birokrasi. Hal ini berpengaruh dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca: Presiden Joko Widodo Cek Kestabilan Harga Pangan di Sejumlah Pasar Sulawesi Utara

“Teknologi ini dapat menjadi alatnya,” imbuh mantan Direktur Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Negara (LKPP) ini.

Ia menegaskan, perhatian khusus perlu diberikan pada beberapa syarat yang mendukung terbentuknya manajemen pelayanan keimigrasian yang efektif. Adapun persyaradimulai dengan penyederhanaan proses bisnis untuk mengintegrasikan keimigrasian yang ada. Hal ini diikuti dengan penguatan kapasitas kelembagaan, optimalisasi sumber daya dan penguatan standar sistem informasi dan keamanan.

“Hari ini saya bertemu dengan petugas dari semua Indonesia. Saya yakin Insya Allah keimigrasian bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Baca: Bendungan Kuwil-Kawangkoan di Sulawesi Utara Diresmikan Presiden Joko Widodo

Rapat Evaluasi dan Koordinasi Nasional Keimigrasian Direktorat Jenderal dihadiri oleh Silmy Karim yang baru saja dilantik sebagai Dirjen , pejabat Direktorat Jenderal , Kakanwil, dan para Kepala dari seluruh Kantor Wilayah.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Migrasi Silmy Karim mengatakan, kehadiran Menteri Anas dalam rakor tersebut menjadi wadah berbagi kisah sukses yang menginspirasi, khususnya terkait inovasi dalam pelayanan publik. (*/NRL)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.