Pasien Anak Probable Gagal Ginjal Akut di Gorontalo Meninggal

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Satu pasien anak probable gangguan ginjal akut meninggal dunia (Foto/Ilustrasi Gambar)

Berita Kesehatan, gemasulawesi – Satu orang pasien probable Gangguan Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal atau Acute Kidney Injury (AKI) di Gorontalo meninggal dunia.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman, Minggu 23 Oktober 2022 malam.

“Ada laporan dari RS MM Dunda Limboto bahwa pada hari Jumat tanggal 21 Oktober 2022 seorang pasien berusia 3 tahun mengalami AKI dan sedang dirawat di ICU,” ucap Yana di Gorontalo.

Pihaknya telah melaporkan kasus tersebut ke PHEOC Kementerian Kesehatan sejak Sabtu 22 Oktober 2022, sesuai dengan hasil penyelidikan Epidemiologi Dinas Kesehatan.

Ia mengatakan, pasien dirujuk ke RS Kandou Manado, Sulawesi Utara sebagai RS rujukan untuk dialisis anak, namun pasien dinyatakan meninggal hari ini.

Menurutnya, pasien mengalami gejala seperti demam, mual, batuk, pilek, nafsu makan berkurang, sakit perut, pendarahan saluran cerna dan buang air kecil berkurang.

Baca: Daerah Pelosok Parigi Moutong Jadi Objek Verifikasi Keanggotaan Parpol

“Jika dia sakit, tolong bawa dia ke dokter, puskesmas atau rumah sakit. Jangan mengobati sendiri jika gejalanya makin memburuk,” imbuhnya.

Orang tua juga diminta untuk memantau anak-anak yang menderita gejala di atas, terutama jika mereka melihat penurunan jumlah urin atau penurunan frekuensi buang air kecil.

Ia mengatakan, puskesmas dan rumah sakit siap merawat pasien yang memiliki gejala penyakit gangguan gagal ginjal akut ini dan terus berkonsultasi dengan tenaga kesehatan jika sedang minum obat. (*/Ikh)

Baca: Komisioner KPU Parigi Moutong Pilih Angkut Motor Ketimbang Tim Verifikator

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Editor: Muhammad Ikhsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.