Pemkot Palu Dorong Guru Adaptasi Pembelajaran Digital

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Hardi (Foto/Facebook Balai Bahasa Sulteng)

Berita , gemasulawesi – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Provinsi , dorong untuk saat menyiapkan bahan ajar maupun mengajar di ruang kelas, sebagai upaya mengingatkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu Hardi, pada kegiatan puncak Festival Hari di Kota Palu, Kamis, 24 November 2022.

“Tenaga pendidik perlu beradaptasi karena gaya belajar telah berubah di zaman sekarang ini, jadi menguasai perangkat digital sangat penting,” ucap Hardi.

Ia menjelaskan bahwa dunia pendidikan berubah dengan cepat, terutama dengan penggunaan teknologi digital, dimana teknologi ini membantu para pendidik untuk menyiapkan bahan ajar yang akan digunakan di dalam kelas.

Baca: Pemkot Palu Galang Dana Bagi Korban Gempa Cianjur

saat ini terus dorong agar adaptasi pembeljaran digital, meski sistem manual masih banyak digunakan dalam proses belajar mengajar, dengan keterampilan teknologi informasi.

harus bisa meningkatkan kualitas diri sendiri, jika kita tidak mampu, maka kita akan tertinggal dengan yang lainnya,” kata Hardi.

Ia menjelaskan bahwa pemanfaatan teknologi informasi oleh tenaga kependidikan sejalan dengan program digitalisasi sekolah, karena peningkatan kompetensi tidak terlepas dari penguasaan teknologi.

Baca: Pemkot Palu Ajak Semua Elemen Peduli Hak Anak

Ia mengatakan, semuanya bermuara pada peningkatan kualitas pendidikan, karena pendidikan harus dinamis, termasuk metode pembelajaran, tetap selalu berkaitan dengan kurikulum belajar.

Ia juga mengatakan meskipun masih ada pandemi COVID-19, kegiatan belajar mengajar tetap berjalan karena sudah menggunakan metode bauran yang memudahkan akses pendidikan bagi dan siswa.

Situasi pandemi, kata dia, juga memiliki sisi positif, salah satunya pembaharuan metode pembelajaran dan inovasi secara tak langsung bagi tenaga kependidikan untuk melayani siswa-siswi mengakses pelajaran.

Baca: Perkuat Imunitas Tubuh, Pemkot Palu Prioritaskan Vaksin Booster

“Pandemi bukanlah halangan. Transformasi pendidikan sudah dilakukan oleh pemerintah pusat, jadi di daerah kita harus bisa beradaptasi dan sedikit demi sedikit menjadi kebiasaan,” pungkas Hardi. (Dn)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.