Pemkot Palu Lindungi Pekerja Rentan Tanggulangi BPJamsostek

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Pekerja Rentan (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, lindungi pekerja rentan tanggulangi iuran kepesertaan BPJamsostek terhadap 15.138 pekerja sector informal bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Palu tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti di Palu, Jumat 12 Agustus 2022.

“Melindungi pekerja rentan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Daerah,” kata Sekretaris Daerah Kota Palu Irmayanti Petalolo di Palu, Jumat.

Ia mengatakan Pemkot Palu tanggulangi BPJamsostek pekerja rentan karena pekerjaannya tidak lepas dari risiko kecelakaan.

Oleh karena itu, jika kondisi yang mengancam keselamatan jiwa, mereka dapat dilindungi dengan berpartisipasi dalam program BPJAMSOSTEK.

Program perlindungan sosial menjamin kompensasi bagi peserta untuk cedera kerja, santunan duka, juga beasiswa pendidikan.

“Program ini sangat berguna untuk meringankan mereka jika suatu saat terjadi sesuatu yang krusial,” kata Irmayanti.

Misalnya, sekitar 704 pekerja penyandang disabilitas mengikuti BPJAMSOSTEK dengan iuran bulanan sebesar Rp 11,8 juta ditanggung oleh Kota Palu, pemulung 104 orang dengan nominal iuran bulanan Rp 1,7 juta, nelayan dengan 1.137 orang dengan nominal kontribusi iuran bulanan sebesar Rp 19,1 juta, petani, 124 orang, nominal iuran per bulan lebih dari Rp 2 juta.

Baca: Ayah Perkosa Tiga Anak Kandung di Luwu

Ia menambahkan, selain pekerja kerja rentan, Pemerintah Kota Palu juga telah mengakomodasi 25.000 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk mengikuti BPJAMSOSTEK dengan iuran bulanan sebesar Rp 16.800 per orang.

“Dari tahun 2020 hingga 2022, total pembayaran asuransi kecelakaan kerja, jaminan juga beasiswa pendidikan sekitar Rp 10,7 miliar dari 282 kasus,” pungkas Irmayanti. (*/Ikh)

Baca: Duel Maut Dua Kakek Pakai Senjata Tajam di Gowa

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.