Ribuan Rumah di Sulawesi Selatan Dapat Instalasi Listrik Gratis

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Sulawesi Selatan, gemasulawesi – Ribuan rumah di Sulawesi Selatan, akan men dapatkan instalasi listrik gratis di tahun 2022. Program Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) adalah sinergi antara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan DPR RI sebagai upaya untuk menin gkatkan rasio elektrifikasi.

Hal itu diungkapkan Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris saat peresmian Program BPBL di Maros, Sulawesi Selatan.

“Rasio elektrifikasi penting di era saat ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga sumber daya manusia (SDM). Saya berharap ada korelasi positif antara kelistrikan dan kualitas sumber daya manusia,” ucap Andi Yuliani.

Selain itu, Andi mengatakan pada tahun 2023 diharapkan ada 83.000 penerima manfaat dari program BPBL.

Ia mengatakan, program ini untuk masyarakat kurang mampu. Jika Anda merasa mampu, berikan kepada masyarakat kurang mampu.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Program Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar mengatakan, program BPBL nasional menyasar rumah tangga miskin yang belum teraliri listrik dan tersebar hingga 80.000 rumah tangga di 22 provinsi di Indonesia.

“643 apartemen direncanakan akan dipasang pada 2022 di Kabupaten Maros, beberapa di antaranya berada di Desa Mattirotasi, Kecamatan Maros Baru, Kabupaten Maros,” katanya. Selain Kabupaten Maros, Kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan juga berencana memasang listrik gratis untuk 576 rumah.

Baca: OJK Yakin Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5% meski Harga BBM Naik

Ia menjelaskan, penerima manfaat program BPBL akan dapat instalasi listrik gratis rumah berupa 3 titik lampu dan 1 stop kontak, pemeriksaan dan uji instalasi sertifikat laik operasi (SLO), penyambungan ke PLN dan yang pertama token listrik.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Maros Chaidir Syam dan General Manager PLN Unit Induk Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) Andy Achaminoerdin.

Asrul 35 tahun, seorang pekerja bengkel di Maros, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan untuk pasang listrik baru. Sebelumnya, ia menyalur kepada tetangganya. (*/Ikh)

Baca: Ratu Elizabeth II Tutup Usia, Pangeran Charles Naik Tahta

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.