Sulawesi Utara Tingkatkan Ekspor ke Kawasan Timur Tengah

waktu baca 2 menit
Sulut Ekspor Kelapa ke Filipina (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Utara, gemasulawesi – Sulawesi Utara tingkatkan kinerja ekspor di kawasan Timur Tengah, pada semester II pada tahun 2022 ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara Edwin Kindagen, di Manado, Jumat 12 Agustus 2022.

“Kami melihat potensi ekspor ke negara-negara di Timur Tengah cukup tinggi, sehingga akan terus didorong hingga akhir tahun ini,” ucap Edwin Kindangen.

Ia mengatakan Provinsi Sulawesi Utara tingkatkan ekspor produk ke berbagai di negara Timur Tengah adalah tepung kelapa. Pada semester I tahun 2022, eksportir Sulawesi Utara mengekspor tepung kelapa dalam jumlah signifikan ke Irak, Iran, Mesir, dan Turki.

26 ton tepung kelapa diekspor ke Irak dengan nilai tukar US$64.090, kemudian 52 ton ke Iran dengan nilai tukar 108.080 dolar AS.

Ia mengatakan ekspor ke Mesir terbanyak adalah 545 ton dengan kontribusi devisa 1,10 juta dolar AS, disusul ekspor ke Turki hingga 286 ton senilai 604.311 dolar AS.

Baca: Mulai 14 Agustus 2022 Tarif Ojol Naik

Melihat potensi tersebut, pihaknya akan terus mempromosikan produk kelapa di beberapa negara Timur Tengah.

Ia mengatakan negara-negara Timur Tengah lainnya seperti Maroko, Tunisia, Aljazair, Libya, Arab Saudi, Oman, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Suriah, Lebanon, Yaman, Bahrain dan Palestina juga menjadi tujuan ekspor ekspor komoditi unggulan Sulawesi Utara. tapi itu tidak terjadi secara teratur. Misalnya, pihaknya mengupayakan keberlangsungan ekspor ke negara-negara tersebut setiap bulannya.

“Kami berharap eksportir juga menjaga kualitas dan kuantitas produk agar memenuhi standar pangan internasional,” terangnya.

Disperindag siap mengurus Surat Keterangan Asal (SKA) dan memberikan bimbingan teknis lainnya. (*/Ikh)

Baca: Ditlantas Polda Sulawesi Tengah Gelar Police Goes To School

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.