Wali Kota Palu Minta Simulasi Bencana Agar Sering Dilakukan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Wali Kota Palu di tempat kegiatan simulasi evakuasi saat terjadi bencana gempa dan tsunami di Kota Palu. (Foto/Facebook Abel Petta Laja)

Berita , gemasulawesi – , Hadianto Rasyid minta agar kegiatan agar lebih sering dilakukan.

Itu dilakukan untuk meningkatkan pemahaman paparat pemerintah dan warga dalam Langkah-langkah mitigasi.

“Simulasi adalah bagian dari mitigasi, sehingga perlu dilakukan lebih sering agar masyarakat lebih peka,” ucap Hadianto saat melakukan kegiatan simulasi evakuasi saat terjadi bencana gempa dan tsunami di Kota Palu, , Sabtu 29 Oktober 2022.

Dalam rangkaian peringatan Bulan Siaga Bencana, Walikota mengatakan simulasi ini merupakan bagian dari edukasi mitigasi bencana.

Ia menjelaskan bahwa karena bencana tidak dapat diprediksi kapan terjadi, maka sangat penting untuk memahami langkah-langkah mitigasi dan bersiap menghadapi kemungkinan bencana alam.

Selain itu, kata dia, kejadian gempa, tsunami, dan likuifaksi 28 September 2018 harus dijadikan pelajaran untuk meningkatkan strategi mitigasi dan penanganan dampak bencana.

Wali Kota meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengatur jalur evakuasi dan titik pengumpulan bencana, dan memberi saran kepada masyarakat tentang langkah-langkah mitigasi dan penanganan bencana.

Baca: Federico Valverde Akui Kurang Percaya Diri Gabung Real Madrid

Ia mengatakan, sistem peringatan dini bencana, termasuk fungsi siaga bencana, juga harus ditinjau secara berkala. Dan diuji agar masyarakat lebih mengerti.

Ia juga menjelaskan bahwa Kota Palu tahun ini membangun gudang logistik untuk menghadapi dampak bencana di wilayah Palu utara dan berencana membangun gudang logistik serupa di Kelurahan Duyu tahun depan agar mendukung kebutuhan logistik di wilayah barat.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses logistik jika terjadi bencana,” pungkas Hadianto Rasyid. (*/Ikh)

Baca: Perangi Hoaks, AMSI Sulteng Gelar Pelatihan Berita Untuk Publik

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Editor: Muhammad Ikhsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.