Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

waktu baca 6 menit

kupas Tuntas, gemasulawesi – Sebagai kota metropolitan, Jakarta sudah bertahun-tahun menjadi pusat akulturasi dan asimilasi berbagai macam budaya yang ada di Indonesia. Bagi kamu yang pernah berkunjung ke , sudah coba wisata kuliner legendaris yang terkenal memiliki cita rasa yang khas?

Ya, salah satu bentuk keberagaman budaya khas di Kota Jakarta bisa dilihat dari berbagai menu makanan legendarisnya yang terkenal lezat bahkan masih ada hingga saat ini. Kamu bisa menjumpai beragam sajian legendaris di dengan beragam karakter yang berbeda-beda.

6 Wisata Legendaris yang Terkenal Lezat

Mengapa kami menyebutnya legendaris? Karena sering kali menjadi pusat bertemunya orang dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa diantaranya menetap di pusat kota dan mengembangkan aneka bisnis kuliner khas daerah dengan cita rasa yang nikmat.

  • Bakmi Gang Kelinci

Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

Siapa yang nggak suka dengan kelezatan mie bertekstur kenyal dan suwiran daging ayam yang sangat empuk? Bagi kamu penggemar mie ayam, bisa langsung merapat ke Bakmi Gang Kelinci yang ada di Kota ini.

Kamu yang penasaran dengan rasa bakminya bisa langsung mengunjungi cabang Blok M, Pasar Baru, Kuningan, Menteng, Kemayoran, dan Grogol. Selain menyediakan bakmi yang lezat, restoran ini juga menyediakan menu i fu mie, nasi goreng, dan juga kwetiau.

  • Gabus Pucung Dapur Betawi

Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

Wisata yang tak kalah enaknya dengan Bakmi Gang Kelinci yaitu Gabus Pucung. Menu olahan ikan gabus yang dipadukan dengan kluwek khas Betawi ini memiliki ciri khas rasa gurih dan asam.

Kalau kamu ingin coba kelezatan Gabus Pucung, langsung saja datangi lokasi Gabung Pucung Dapur Betawi Cabe 5 di Jl. Raya Parung, Ciputat. Selain menyediakan menu Gabus Pucung, kamu bisa merasakan nuansa zaman dulu yang autentik.

  • Kerak Telor Bang Sape’i

Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

Siapa yang nggak tahu sama kudapan legendaris dari ini? Kerak telor umumnya terbuat dari beras ketan, ayam atau bebek, kelapa sangrai, dan ebi. Hidangan satu ini memiliki tekstur renyah di luar kemudian bagian dalamnya sangat lembut.

Menurut info yang kami dapatkan, saat ini Kerak Telor bisa dipesan secara online bagi warga . Jadi nggak perlu antri mendatangi lokasi jualan, tinggal pesan lalu pilih mau telur ayam atau telur bebek. Mudah bukan?

  • Laksa Betawi Assirot

Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

Wisata Jakarta bernama Laksa Betawi Assirot terbuat dari perpaduan kuah santan penuh rempah dengan beragam olahan tauge, ketupat, daun kemangi, daun kucai sampai bawang goreng. Dimana sih lokasinya?

Laksa Betawi Assirot terletak di Jl. Assirot, Kebayoran Lama. satu ini sudah ada sejak tahun 1978 dengan bumbu racikan turun temurun. Kamu juga bisa memesan lauk tambahan lain, seperti semur daging, tahu, tempe, jengkol, kentang, empal, dan telur.

  • Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani

Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

Makanan satu ini memang tergolong santapan umum. Setiap orang tentunya memiliki nasi uduk sesuai dengan selera masing-masing. Akan tetapi, ada satu kedai di Jakarta yang sering dicari oleh para penikmat nasi uduk, bahkan sampai rela antri beberapa jam.

Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani telah berdiri sejak tahun 1967 di Jl. Kebon Kacang Raya, Tanah Abang. Menurut review dari para pelanggan nasi uduk, menu disini rasanya khas, bumbu rempah pada nasi uduk dan ayam gorengnya benar-benar gurih.

  • Soto Betawi H. Ma’ruf

Wisata Kuliner Jakarta yang Legendaris dan Kekinian, Wajib Coba Nih!

Kamu yang berminat untuk menjelajahi wisata Jakarta rasannya enggak lengkap kalau belum coba Soto Betawi H. Ma’ruf ini. Soto diolah dengan menggunakan kentang, santan, tomat, potongan daging sapi, kambing, dan juga jeroan.

Tempat makan ini dirintis mulai dari tahun 40-an dan sering kali disambangi oleh para pejabat. Wah pasti enak nih rasanya! Kalau kamu ingin coba, bisa langsung mendatangi Jl. Cikini Raya No 73 atau langsung mengunjungi cabang di Plaza Atrium.

6 Deretan Wisata Kuliner Jakarta yang Lagi Hits 2022

Nah, setelah tadi bahas yang legendaris, sekarang kami juga punya beberapa informasi menarik terkait menu kuliner hits 2022 yang ada di Jakarta. Kalau kamu berkunjung ke Jakarta, jangan lupa coba menu kuliner enak dibawah ini ya!

  • Kuliner Ragusa Es Italia

Jika membahas soal rasa, kenikmatan Ragusa Es Italia memang patut diacungi jempol. Walaupun namanya memang mengadopsi nama negara tetangga, tapi es ini sebenarnya baru trend beberapa waktu yang lalu.

Kedainya terletak di Jl. Veteran 1 No. 10, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Kebayang nggak sama bentuknya? Bentuk Ragusa Es Italia semacam spageti plus toping kacang dan cokelat. Manisnya selalu buat nagih!

  • Sate Tulang Eldorado

Wisata kuliner Jakarta yang lagi hits berikutnya yaitu Sate Tulang Eldoraro. Satenya bukan diambil dari daging sapi, ayam, atau kambing, tetapi khusus dari tulang ayam muda. Nggak tanggung-tanggung, ayamnya kebanyakan masih berusia 1 bulan.

Udah kebayang lembut dagingnya kan? Kuliner hits Jakarta ini sebenarnya makanan khas dari Banjarmasin. Kamu tinggal langsung datang ke Kelapa Gading untuk menyantapnya, tepatnya di Jl, Boulevard Raya Kelapa Gading.

  • Tahu Pong Semarang

Menu ini merupakan kolaborasi dari 2 budaya, yaitu Jawa dan Peranakan. Jika dilihat sekilas, Tahu Pong Semarang memang seperti tahu tanpa isi. Namanya juga kopong atau kosong, tetapi menu ini punya teman sepiring lho!

Kamu bisa menyantapnya dengan gimbal, tahu, telur, dan emplek. Agar lebih nikmat, jangan lupa untuk menambahkan kuah petis. Lokasi restorannya ada di Jl. Hayam Wuruk, Harmoni, Jakarta Selatan.

  • Rempah-rempah

Negara Indonesia kaya akan rempah-rempah, oleh sebab itu muncullah wisata kuliner Jakarta yang bernama Restoran Rempah-Rempah. Tempat makan ini dipenuhi dengan aneka rempah-rempah dalam setiap olahannya, bahkan sampai menu pelaris.

Menu favorit yang banyak dicari yaitu sup “Senggang Halimah” dan bebek goreng “Bengil” yang terkenal nikmat. Jangan lupa cicipi segarnya es biji salak yang ditambah dengan pacar cina sebagai pendampingnya.

  • Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie masuk dalam deretan kuliner legendaries, lho! Bahkan interior kedainya juga mirip sekali dengan model zaman dulu. Kamu bisa menikmati waktu untuk bersantai sambil mengerjakan tugas disini.

Ditemani dengan menu kopi susu dan es kopi yang siap memanjakan lidah serta hidung. Penasaran dengan tempat dan rasa minumannya? Langsung datang ke Jalan Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria Nomor 4-6, Glodok, Jakarta Barat.

  • Sarang Oci

Bagi kamu para penggemar menu laut bisa langsung kunjungi tempat makan Sarang Oci. Menu yang paling laris yaitu ikan tenggiri yang bisa menjadi andalannya. Ada juga aneka ikan bakar dan goreng yang bumbunya disesuaikan dengan kemauan pembeli.

Khas dari restoran Sarang Oci yaitu sambal rica-ricanya yang nampol. Ditambah dengan porsi yang istimewa, membuat Sarang Oci selalu ramai pengunjung. Lokasinya ada di Jalan Panjang Arteri, Kelapa Dua Nomor 99, Kebun Jeruk, Jakarta Pusat.

Wisata kuliner Jakarta memang mayoritas khas perpaduan dari berbagai macam daerah. Semua kuliner dijual dengan harga yang relatif terjangkau, jadi nggak usah takut kantong kering. Temukan info lengkap mengenai kuliner lainnya di Gemasulawesi. (*/Fan)

Baca: Demonstrasi Berlangsung Ricuh Tuntut Tewasnya Tahanan Amis Ando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.