Begini Cara Mengecek Saldo E-Money Bank dan Dompet Digital!

waktu baca 11 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Dunia digital saat ini banyak memberikan kemudahan kepada kita dalam berbagai bidang, termasuk transaksi penjualan dan pembelian secara online. Kehadiran uang elektronik atau e-money membuat pembayaran lebih praktis dan mudah. Sebaiknya sebelum bertransaksi, kamu rutin mengecek saldo. Begini .

Definisi & E-Moneynya

E-money atau dikenal sebagai uang elektronik adalah alat pembayaran dalam bentuk elektronik. Artinya, uang ini tidak berbentuk fisik, tetapi disimpan dalam media elektronik khusus seperti kartu.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Menghimbau Orang Tua Agar Anaknya Imunisasi

Setiap orang yang telah memenuhi syarat berhak membuat sendiri. Ada jenis yang memerlukan KTP, ada juga yang tidak perlu. Untuk memulai transaksi, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar akun.

Sekadar informasi, lebih dapat dijamin keamanannya. Sebab, pengganti uang tunai ini sangat minim terjadi peretasan. Selain memudahkan transaksi, juga bisa digunakan untuk menabung karena aman dan tanpa bunga.

Transaksi yang dilakukan dalam pun cukup beragam. Misalnya saja membeli barang di marketplace ataupun supplier lainnya. Saat ini para penjual online telah menyediakan opsi pembayaran melalui . Hal ini tentu memudahkanmu dalam berbelanja bukan?

Selain transaksi pembelian, kamu juga bisa menggunakan fitur lainnya seperti pembayaran air, listrik, telepon, dan sebagainya. Tidak hanya itu, bahkan saat ini sudah banyak yang terhubung dengan platform investasi. Jadi akan sangat mudah jika berinvestasi karena pembayaran bisa dilakukan melalui .

Baca: Daftar Restoran Halal di Bali, Harga Mulai Dari Rp12.000,- Saja!

Simak Panduannya Dalam Tulisan Berikut

Dengan berbagai transaksi yang dimudahkan dengan , alangkah baiknya kamu tetap harus memperhatikan keuanganmu. Meskipun aman dan minim peretasan, tetapi kamu harus selalu mengecek saldo sebelum dan setelah bertransaksi.

Lalu, bagaimana untuk mengetahui informasi saldo e-money? Secara umum setiap penyedia uang elektronik akan menampilkan informasi saldo pada halaman utama. Artinya, saat pertama kamu membuka aplikasi, di sana tertera jumlah saldo yang dimiliki.

Berikut ini e-money dengan berbagai jenis e-money yang tersedia.

  • E-money Mandiri

E-money Mandiri merupakan kartu elektronik yang dimiliki oleh bank Mandiri. Biasanya kartu ini terkoneksi dengan akun rekening bank Mandiri yang dimiliki. Artinya, setiap pemilik rekening Mandiri berhak membuat atau mendapatkan kartu e-money.

Berikut ini cara mudah mengecek saldo e-money Mandiri melalui aplikasi.

  1. Untuk mengecek saldonya, kamu perlu login terlebih dahulu ke aplikasi Mandiri Online.
  2. Selanjutnya, pilih ikon e-money yang tersedia dalam menu aplikasi
  3. Lalu, pilih “lihat” atau “perbarui saldo untuk menampilkan informasi saldo.
  4. Terakhir, informasi saldo telah ditampilkan.

Namun, bagaimana jika kamu tidak memiliki aplikasi Mandiri Online? Jangan khawatir, kamu bisa mengecek saldo melalui internet. Berikut ini caranya.

  1. Buka website ib.mandiri.co.id
  2. Kemudian kamu perlu login dengan menginputkan username dan password rekening Mandiri.
  3. Setelah itu kamu akan dibawa pada halaman menu utama. Pilihlah menu Uang Elektronik.
  4. Selanjutnya pilih Mandiri E-Money
  5. Pilihlah opsi Informasi Saldo
  6. Masukkan nomor 16 digit yang tertera pada kartu e-money Mandiri
  7. Kemudian klik kirim.
  8. Setelahnya saldo rekeningmu akan ditampilkan.
  9. Setelah mengecek saldo, sebaiknya kamu logout kembali agar informasi rekening terjamin aman.

Baca: Himbara Batalkan Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link

  • E-money BRI

Saldo e-money BRI bisa ditampilkan melalui aplikasi BRI Mobile atau BRIMO. e-money BRI cukup mudah dan langkah-langkahnya pun sederhana.

  1. Pertama, kamu harus login pada aplikasi BRI Mobile.
  2. Setelahnya, buka aplikasi dan masukkan username m-bankingmu beserta dengan passwordnya. Pastikan username dan password benar. Jika beberapa kali kamu salah memasukkan password ataupun username, kemungkinan user m-banking dapat terblokir. Jadi, pastikan username dan password benar ya!
  3. Pada menu utama, kamu bisa melihat saldo pada bagian atas.
  4. Klik ikon seperti mata untuk menampilkan informasi saldo.

Tidak hanya melalui aplikasi, mengecek saldo E-Money BRI juga bisa dilakukan melalui internet. Kamu bisa mengakses bri.co.id/internet-banking. Selanjutnya, lakukan login dengan memasukkan username dan password.

Setelah menu utama ditampilkan, pilihlah layanan Informasi Rekening. Beberapa waktu setelahnya, informasi rekening seperti nomor rekening dan saldo akan ditampilkan.

  • E-money BCA

BCA juga menawarkan kemudahan dalam hal pengecekan saldo. Bank Central Asia ini telah mengintegrasikan kartu rekening dengan mobile banking sehingga kamu bisa dengan mudah mengecek saldo rekeningmu.

Sebelumnya kamu harus mendownload aplikasi BCA Mobile pada Playstore. Kemudian lakukan aktivasi aplikasi hingga aplikasi siap dijalankan. Untuk memulai pengecekan saldo, loginlah pada aplikasi BCA Mobile tersebut, masukkan username dan password.

Pilihlah menu “Flazz” kemudian tempelkan kartu pada ponsel. Setelah itu, aplikasi BCA Mobile akan menampilkan informasi saldo rekening BCA milikmu. Mudah bukan?

Baca:  Tim Medis Parimo Cek Kesehatan 100 Warga Korban Gempa Majene

  • E-money BNI

Pengecekan saldo BNI bisa dilakukan melalui aplikasi. Adapun aplikasi yang harus kamu download yaitu TapCash Go. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang telah terintegrasi dengan layanan BNI online lainnya.

e-money BNI cukup mudah. Pertama kamu harus login pada aplikasi TapCashGo. Masukkan username dan password akunmu. Setelahnya pilihlah menu “Info Kartu” untuk mendapatkan informasi kartu secara lengkap.

Setelah memilih menu tersebut, tempelkan kartu BNI ke belakang ponsel. Jika sudah berhasil, informasi saldo akan muncul pada aplikasi. Untuk menjaga keamanan, sebaiknya kamu segera logout setelah transaksi selesai.

  • E-Money GoPay

GoPay adalah layanan e-money milik Gojek yang semakin hari penggunanya semakin meningkat. Hal ini didorong karena semakin meluasnya kerja sama Gojek dengan berbagai platform.

Layanan yang ditawarkan Gojek pun beragam mulai dari GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, GoMart, GoPulsa, Check In,  dan masih banyak lagi. Layanan-layanan tersebut merupakan layanan utama yang memanfaatkan GoPay sebagai metode pembayarannya.

Di luar layanan Gojek, layanan milik Tokopedia juga menggunakan opsi pembayaran GoPay loh. Hal ini lantaran antara Gojek dan Tokopedia telah melakukan merger. Artinya, lini bisnis mereka bergabung sehingga menghasilkan ranah bisnis yang lebih luas.

Tidak hanya itu, GoPay banyak digunakan sebagai metode pembayaran lain seperti di platform investasi. Oleh karenanya, kamu harus rutin mengecek saldo GoPay. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dari kehilangan saldo secara tiba-tiba. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan transaksi dengan saldo yang tersedia sehingga tidak habis tanpa sepengetahuanmu.

Untuk cara mengecek saldo e-money GoPay, berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti.

  1. Buka aplikasi Gojek. Lakukan aktivasi dengan cara login pada akun Gojek milikmu.
  2. Pada halaman awal, akan ditampilkan menu secara lengkap.
  3. Informasi saldo bisa kamu lihat pada bagian atas menu. Di sana tertera jumlah saldo GoPay dan jumlah Gopay koin.
  4. Selain mengecek saldo, kamu juga bisa mengetahui riwayat transaksi yang kamu lakukan entah itu membayar ataupun menerima dana dari pihak lain.

Alangkah baiknya untuk kamu rutin dalam mengecek saldo akun Gopay. Apalagi jika jumlah saldomu cukup besar sebaiknya sering-seringlah melakukan pengecekan.

Baca: Menteri Kesehatan Menghimbau Orang Tua Agar Anaknya Imunisasi

  • E-Money Dana

Aplikasi Dana adalah dompet digital yang memberikan kemudahan dalam transaksi keuangan baik secara online maupun offline. Hal ini karena dana sudah banyak digunakan sebagai media pembayaran oleh para penjual offline.

Banyak transaksi offline yang bisa dibayar dengan scan code Dana. Selain itu, Dana juga bisa digunakan untuk membayar tagihan, membeli pulsa, hingga top-up keperluan investasi.

Karena fungsi dan kegunaannya sangat penting, kamu sebagai pengguna Dana harus benar-benar memperhatikan keamanan akunmu. Meskipun dompet digital minim peretasan, sebaiknya kamu rutin untuk mengecek saldo akun. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi kehilangan saldo secara tiba-tiba. Jika pun terjadi, kamu bisa segera menanggulanginya.

Lalu, bagaimana cara mengecek saldo e-money Dana?

Pertama, pastikan kamu telah mendownload aplikasi Dana di ponselmu. Aplikasi ini bisa didownload melalui PlayStore ataupun Apps Store. Setelahnya akan ada petunjuk yang memintamu untuk mendaftar atau login pada akun Dana.

Jika masih belum memiliki akun, kamu bisa melakukan pendaftaran dahulu. Jika sudah punya akun, kamu bisa langsung login dengan menginputkan nomor Handphone dan passwordnya. Lebih mudah lagi jika kamu login menggunakan akun Google.

Pada menu utama bagian atas, jumlah saldo sudah bisa ditampilkan. Kami bisa mengklik ikon saldo tersebut untuk mengetahui detailnya. Selain itu, kamu juga bisa mengecek riwayat transaksi untuk memastikan saldo Dana sesuai.

  • E-Money LinkAja

LinkAja adalah e-money milik Telkom Indonesia yang memberikan kemudahan untuk berbagai transaksi nontunai. Layanan LinkAja sangat bermanfaat dalam pelayanan keuangan berbasis digital. Alhasil, berbagai transaksi lebih mudah dan cepat.

Adapun layanan pembayaran LinkAja meliputi tagihan listrik, pembayaran BPJS, tagihan telepon atau TV berlangganan, pembelian pulsa, dan transaksi sesama pengguna LinkAja. Untuk menikmati layanan tersebut, kamu hanya perlu mendaftar akun LinkAja.

Cara pendaftarannya pun cukup mudah.

  1. Pertama, download aplikasi LinkAja melalui Play Store atau Apps Store. Pastikan aplikasi sudah terinstal dan siap digunakan.
  2. Setelah aplikasi terbuka, daftarkan dirimu dengan mengisi identitas yang tersedia seperti nama, nomor HP, email jika perlu, dan sebagainya. Data diri tersebut bisa kamu sesuaikan dengan ketentuan dari LinkAja.
  3. Kemudian kamu akan diminta untuk membuat pin berupa enam digit angka. Usahakan pin ini kamu catat agar tidak terlupa. Sebab, pin LinkAja sangat berguna untuk keperluan setiap transaksi. Ibaratnya pin ini digunakan sebagai verifikasi bahwa yang melakukan transaksi adalah pengguna aslinya.
  4. Setelah berhasil, kamu bisa menikmati layanan LinkAja. Seluruh fitur mungkin belum bisa digunakan. Jika ingin mendapatkan fitur lengkap, kamu diharuskan untuk upgrade ke full service dengan cara verifikasi KTP dan foto diri.

Setelah mendaftar, lalu bagaimana cara mengecek saldo e-money untuk LinkAja? Caranya cukup mudah bisa dilakukan melalui aplikasi saja. Ketika membuka aplikasi, pada halaman atas sudah tertera saldo LinkAja milikmu.

Namun, jika kamu sedang tidak memiliki kuota internet, kamu bisa mengecek saldo LinkAja melalui nomor telepon. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama, tekan *800# kemudian klik enter
  2. Setelahnya pilih menu Cek atau Isi LinkAja
  3. Setelah muncul tampilan selanjutnya kamu harus memilih menu Cek Saldo
  4. Kemudian masukkan enam digit pin LinkAja yang sudah kamu buat sebelumnya
  5. Klik kirim dan tunggu beberapa saat
  6. Kamu akan menerima notifikasi informasi saldo LinkAja
  7. Terdapat opsi lain cara mengecek saldo e-money LinkAja. Kirimlah SMS dengan format Sal pin kamu kemudian kirim ke 2828.
  • E-Money OVO

Dompet digital OVO tidak kalah bersaing dengan dompet digital lainnya. Banyaknya fitur menarik dan layanan transaksi keuangan yang lengkap menjadi alasan OVO cukup digemari. Ditambah lagi OVO banyak bekerja sama dengan platform-platform lainnya.

Untuk bisa menggunakan OVO, kamu harus mendaftar akun dahulu. Cara pendaftarannya cukup mudah hanya dengan mendownload aplikasi kemudian melengkapi data diri sesuai ketentuan yang diminta.

Selanjutnya kamu akan mendapatkan kode OTP melalui SMS pada nomor yang didaftarkan atau bisa melalui email terkait. Setelah kode diterima, segeralah lakukan verifikasi sebelum kodenya hangus. Ketika berhasil mendaftar, biasanya pihak OVO akan memberikan 5000 OVO points.

Sebagai pengguna OVO, sudah menjadi konsekuensi bagi kamu untuk turut menjaga keamanan akunmu. Salah satunya dengan cara mengecek saldo e-money secara rutin, terutama setelah mengisi saldo.

Untuk memastikan saldo telah terisi, sebaiknya kamu sesegera mungkin mengecek saldo pada aplikasi OVO yang sudah kamu download sebelumnya. Nah berikut ini langkah praktis mengecek saldo OVO.

  1. Buka aplikasi OVO
  2. Login jika masih perlu login. Informasi yang dibutuhkan untuk login yaitu nomor HP dan password akunmu.
  3. Selanjutnya pada bagian atas sebelah kiri, aplikasi OVO telah menampilkan jumlah saldo yang kamu miliki.
  4. Selain terdapat informasi saldo, pada bagian kiri atas juga memuat informasi OVO poin. OVO poin ini merupakan poin yang dikumpulkan setelah melakukan transaksi. Jadi, angkanya akan terus berubah setiap ada transaksi baru.
  5. Kamu bisa menambah saldo OVO dengan mencairkan OVO poin. Setiap 1 poin bernilai Rp1. Jadi semisal kamu memiliki 5.000 poin artinya dana yang bisa dicairkan sebesar Rp5.000

Kemudahan yang ditawarkan OVO banyak dimanfaatkan untuk transaksi penjualan dan pembelian. Pastikan kamu memiliki saldo yang cukup ketika akan bertransaksi sehingga kamu tidak perlu repot lagi untuk isi saldo secara mendadak.

  • E-Money Shopee Pay

Aplikasi Shopee bisa digunakan sebagai media atau cara mengecek saldo e-money Shopeepay. Sebagai informasi, Shopeepay adalah dompet digital yang dikembangkan oleh Shopee untuk mempermudah transaksi jual-beli.

Kamu pasti sudah cukup familiar saat berbelanja di marketplace Shopee cenderung menggunakan Shopeepay untuk pembayarannya. Kemudahan seperti ini memang dikembangkan khusus untuk mewadahi para konsumen yang berbelanja di Shopee.

Namun, tidak menutup kemungkinan dompet digital Shopee pay bisa digunakan sebagai metode pembayaran pada platform lain. Sebab, pihak Shopee juga sudah banyak bekerja sama dengan cukup banyak merchant demi memperluas penggunaan Shopeepay.

Atas kepentingan tersebut, kamu perlu rutin-rutin mengecek saldo, apalagi jika kamu sering bertransaksi. Mengecek saldo Shopeepay juga cukup mudah, berikut tutorialnya.

  1. Buka aplikasi Shopee. Pastikan kamu telah login akun Shopee agar bisa mengakses seluruh layanan dari Shopee.
  2. Selanjutnya pilih menu Shopeepay
  3. Pada halaman Shopeepay, kamu dapat langsung melihat informasi saldo yang tersisa pada Shopeepaymu.
  4. Terdapat juga kolom saldo dan bonus. Saldo menampilkan jumlah saldo yang kamu miliki sedangkan kolom bonus berisi bonus yang kamu dapatkan ketika check in harian atau mengajak teman untuk mendaftar akun Shopee.

Seperti itulah cara mengecek saldo e-money Shopeepay. Sangat mudah bukan? Jadi, kamu tidak perlu kesulitan lagi untuk mengecek saldo sebelum bertransaksi di Shopee ataupun platform lainnya.

Dari sejumlah informasi cara mengecek saldo e-money di atas semoga dapat semakin memudahkanmu mendapat informasi saldo. Usahakan kamu bisa mengecek saldo secara rutin demi memantau kondisi saldomu dan agar seluruh riwayat transaksi sesuai dengan saldo yang ditampilkan. Baca juga tips lainnya di portal berita kami, Gema Sulawesi yang lebih update dan menarik infonya. (*/Fan)

Kunjungi Gemasulawesi di: Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.