Harkannas Parigi Moutong Momentum Bangkitkan Ekonomi Rakyat

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Sekretaris Daerah Parigi Moutong Zulfinasran (Foto/Humas Prokopim Parigi Moutong)

Berita , gemasulawesi – Pemerintah Daerah (Pemda) , Provinsi , optimis agenda Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-9 yang bakal dilaksanakan pada 19 hingga 21 November 2022 merupakan momentum rakyat.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Zulfinasran di Parigi, Jumat 11 November 2022.

“Kehadiran tamu dari luar daerah tentunya akan berdampak positif, maka tentunya dengan adanya kegiatan pesta rakyat akan terjadi perubahan ekonomi dalam transaksi jual beli,” ucap Zulfinasran.

Agendanya, kata dia, akan diisi berbagai kegiatan antara lain seminar kemaritiman, lomba masak ikan tingkat nasional, pameran produk hasil laut olahan dengan dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), peran serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Baca: Ramalan Zodiak Harian Virgo, Perasaan yang Tidak Terkendalikan

Kemudian, lanjutnya, juga ada kegiatan penanaman mangrove yang bertujuan untuk memecahkan rekor MURI dan pesta rakyat yang dipusatkan di kecamatan Tinombo selatan, .

Menurut dia, beberapa kegiatan tersebut memberikan peluang ekonomi bagi masyarakat sekitar melalui penjualan produk olahan dan juga cenderamata.

“Sejumlah kegiatan yang menghasilkan nilai ekonomi merupakan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dengan harapan ruang-ruang tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seefektif mungkin,” kata Zulfinasran.

Baca: Makanan Khas Makassar Ayam Palekko, Berikut Resep Dan Cara Membuatnya

Meskipun bersifat jangka pendek, katanya, setidaknya masyarakat akan merasakan langsung dampaknya.

Menurut kajian Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) , kegiatan seremonial seperti ini perlu didorong karena dari sana membantu mempercepat siklus ekonomi disamping sistematik kegiatan ekonomi lainnya. 

Zulfinasran mengatakan tentunya ketika kegiatan itu dilakukan, akan dilakukan survei oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mengukur berapa banyak uang yang beredar di sana.

Baca: Melly Goeslaw Berhasil Turunkan Berat Badan dengan Operasi Bariatrik

Ia menambahkan, bulan ini selain Harkannas, juga ada kegiatan olahraga paralayang internasional di Desa Tinombo, Kecamatan Tinombo, Kabupaten yang akan berlangsung pada 17 hingga 20 November, momentum seperti ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Ada umpan balik untuk setiap aktivitas. Di satu sisi menarik bagi kepentingan daerah, di sisi lain berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” kata Zulfinasran. (Dn)

Editor: Muhammad Ikhsan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.