Indonesia Nyatakan Kesiapannya Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

waktu baca 2 menit
Ket Foto Presiden RI, Jokowi (Presiden Jokowi. (Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden))

Nasional, gemasulawesi – Pesta olahraga paling akbar di dunia pada tahun mendatang rencananya akan dilaksanakan di tepatnya di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan sebagai tuan rumah Olympiade di Ibu Kota Nusantara,” pernyataan Jokowi ini mempertegas kesiapan untuk menjadi tuan rumah di .

“Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia,” paparnya dalam keterangan yang disampaikan di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu 16 November 2022.

Baca: Ramalan Harian Zodiak Pisces, Butuh Olahraga Ringan

Selain itu mantan walikota Solo ini juga membahas mengenai netralitas yang merupakan hal penting dalam menghelat ajang olahraga di nanti.

“Kesuksesan dan Paralimpiade akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga,” tegasnya.

Sebelumnya Indonesia digantikan oleh Brisbane, Australia untuk menjadi tuan rumah 2032. Keputusan ini menjadi ketiga kalinya dilakukan di Australia.

Baca: Olahraga Rekreasi Salah Satu Fokus Disporapar Parigi Moutong

Pemerintah sendiri berencana akan membangun berbagai fasilitas olahraga, yang berupa fasilitas utama maupun fasilitas pendukung secara lengkap di IKN Nusantara.

Sebelumnya pada bulan Agustus Presiden Joko Widodo, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan untuk menginstruksikan mereka agar segara membangun training camp sepak bola di IKN.

Bukan hanya untuk mendungkung dunia persepakbolaan Indonesia namun juga untuk mendukung rencana Indonesia dalam menjadi tuan rumah setelah gagal dalam 2032. (GLR)

Editor: Muhammad Irfan Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.