Kemensos Salurkan Bantuan Rp 259 Juta Bagi Korban Banjir Palu

waktu baca 2 menit
Bantuan Logistik Korban Banjir (Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Kementerian Sosial (Kemensos) salurkan bantuan Rp 259 Juta kepada Pemerintah Kota Palu, bagi korban banjir di ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah dalam bentuk paket logistik.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid saat ditemui di Palu, Rabu 6 September 2022.

“Kami menerima bantuan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini, bantuan logistik ini akan segera kami salurkan kepada para korban banjir,”

Ia menjelaskan, Kemensos salurkan bantuan dalam bentuk logistik berupa makanan, selimut, matras, karpet, dan bumbu dapur untuk dapur umum.

Pada kesempatan ini, walikota mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang cepat tanggap terhadap bencana yang terjadi di daerah, sehingga apa yang diperintahkan Kemensos untuk menata kota Palu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai upaya untuk mengurangi beban warga yang terkena bencana.

“Dukungan pemerintah pusat tentunya menambah semangat kami untuk meningkatkan pelayanan kebencanaan bagi masyarakat,” kata Hadianto.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Palu (BPBD), dari hasil asesmen lanjutan, ditetapkan kurang lebih 1.450 KK dari 5.337 jiwa di tujuh Kelurahan di sekitar bantaran Sungai Palu.

Dari 5.337 orang yang terkena dampak, 427 saat ini tinggal di lima posko pengungsian karena rumah mereka masih dibersihkan oleh relawan.

“Kebutuhan makanan siap saji masih dipenuhi oleh pemerintah kota melalui dapur bakti sosial, dan logistik lainnya secara bertahap didistribusikan kepada korban banjir,” kata Hadianto.

Ia menjelaskan, percepatan penanggulangan bencana banjir melibatkan 237 relawan dari masing-masing instansi, terdiri dari Dinas Perhubungan 10 orang, BPBD 22 orang, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan 25 orang, Satpol PP 14 orang, TNI/Polri masing-masing 20 orang, PMI dan Tagana masing-masing 50 orang, dan mahasiswa Universitas Tadulako 26 orang.

Baca: Bantu Warga Korban Banjir, Pemkot Palu Buka Dua Dapur Umum

Hadianto mengatakan, dengan kekuatan personel yang ada, kami berharap percepatan penanggulangan bencana dapat dimaksimalkan, dan tugasnya dibagi, ada yang mengurus dapur umum, merawat korban bersih-bersih rumah, dan mengatur arus lalu lintas dan keamanan.

Berdasarkan laporan, Rabu pagi banjir telah surut dan situasi mulai membaik, sehingga Pemerintah Kota Palu memperpanjang durasi posko tanggap bencana selama dua hari ke depan untuk memperlancar kegiatan pembersihan rumah warga yang terkena dampak.

Selain memberikan bantuan kepada korban banjir di Palu, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memberikan bantuan logistik dan pembangunan lumbung sosial bagi warga yang terkena dampak banjir di Desa Pakuli Utara, Kabupaten Sigi. (*/Ikh)

Baca: Motivator Julian Eka Putra Divonis 12 Tahun

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.