Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Mengamalkan iman, meningkatkan spiritualitas, dan mencari pengampunan dari Allah SWT dan baik bagi kesehatan adalah beberapa manfaat yang jadi alasan utama mengapa seseorang berpuasa, merupakan kegiatan yang membawa manfaat yang berbeda-beda, karena bulan Ramadhan selalu dinanti.

Tapi, tahukah Anda? Ternyata, ada berbagai manfaat lainnya yang bisa dirasakan untuk tubuh. dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.Mau tahu caranya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Menjaga Gula Darah Tetap Normal

Puasa bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan kelebihan gula darah. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula ke sel-sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

Menurunkan Kolesterol Tubuh

Manfaat yang kedua dapat dirasakan pada kadar kolesterol dalam tubuh.Karena dapat menurunkan kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein). Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir tentang kolesterol yang menghalangi arteri Anda dan menyebabkan komplikasi, seperti serangan jantung.

Kurangi Lemak Tubuh

Terkadang dokter menganjurkan Anda untuk mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan untuk menghindari risiko penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Jika Anda kehilangan lemak karena alasan kesehatan, dapat membantu mengurangi asupan kalori dan mendorong tubuh Anda untuk membakar lemak berlebih.

Menjadi Metode Detoksifikasi

Selain itu, Kementerian Kesehatan Republik (Kemenkes RI) menyatakan bahwa salah satu manfaat adalah untuk mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi berguna untuk membuang racun atau zat berbahaya yang tidak berguna bagi tubuh kita.

Bantuan untuk berhenti merokok

Pendapat tentang fakta bahwa merokok dapat membatalkan beragam.Namun, Anda bisa memanfaatkan untuk mengurangi bahkan berhenti merokok. Selain meningkatkan pengalaman , Anda bisa terhindar dari risiko penyakit seperti kanker paru-paru.

Mengurangi Peradangan

Ketika sistem kekebalan melawan infeksi, peradangan dalam tubuh adalah normal. Namun, selain tidak nyaman, peradangan yang berlanjut justru akan memicu penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung. Untungnya, puasa juga bisa mengurangi peradangan di tubuh.

Itulah beberapa manfaat puasa yang mungkin Anda alami. Sebelum melanjutkan puasa, ingat juga untuk merujuk pada saran dokter agar Anda dapat menjalaninya dengan aman dan sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Selain itu, beberapa kondisi, seperti diabetes tipe 1, mungkin tidak di anjurkan untuk berpuasa. (*)

Baca: Puasa Bulan Dzulhijjah, Ini Keutamaannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.