Jangan Panik! Segera Minum Ini Jika Kolesterol Naik Dan Tensi Tinggi

waktu baca 3 menit

Kesehatan, gemasulawesi – Kadar kolesterol yang tinggi seringkali menjadi momok bagi banyak orang, tidak jarang peningkatan kadar kolesterol dan tekanan darah secara tiba-tiba menjadi masalah bagi penderitanya, tapi jangan panik, minuman penurun kolesterol dan tensi tinggi juga cukup mudah untuk dibuat sendiri atau dicari di apotik.

Jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Ancaman besar ini membuat perlu dilakukan upaya penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi dengan segera.

Baca: Ini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung

Ada berbagai jenis minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Berikut daftarnya:

1. Jus apel

Ahli kesehatan Stephanie Leach merekomendasikan minuman ini. Kandungan fitokimia apel dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat yang juga dikenal sebagai LDL. Sebuah studi enam minggu yang melibatkan pria dan wanita sehat menunjukkan bahwa manfaat mengonsumsi jus apel sama dengan mengonsumsi apel utuh.

Pria dan wanita memiliki jumlah lemak, kolesterol dan karbohidrat serta gula yang sama dalam jumlah kalori.Perbedaannya, mereka yang makan apel utuh mengalami peningkatan asupan serat sebesar 22%.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa mengkonsumsi jus apel dalam jumlah yang cukup akan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh. Pilih jus apel murni tanpa bahan pengawet atau pemanis buatan.

Catatan penting, hindari membeli jus apel kemasan yang banyak tersedia di supermarket. Karena jus kemungkinan besar mengandung bahan yang tidak alami dan gula berlebih. Yang terbaik adalah membuat jus apel sendiri di rumah.

2. Jus Wortel

Minuman ini mirip dengan jus apel karena mengandung banyak serat larut. Tujuan dari serat larut adalah untuk mengikat kolesterol jahat dan menghilangkannya dari tubuh. Sebagai bonus, jus wortel kaya akan kalsium dan vitamin C.

Peran vitamin C adalah untuk memetabolisme kolesterol sehingga tubuh dapat membuangnya dengan mudah.Jus wortel juga mengandung antioksidan kuat  yang disebut beta-karoten yang mengurangi oksidasi LDL.

Baca: Auto Ngiler! Ini Dia 30 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Dicoba

3. Air lemon

Minuman menyegarkan ini tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Air lemon kaya akan antioksidan dan pektin serat larut yang menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian juga menunjukkan manfaat dari mengkonsumsi kulit lemon.Mengandung dlimonene yang telah terbukti  menurunkan kadar trigliserida.

4. Jus Delima

Buah ini, juga dikenal sebagai delima, dikemas dengan manfaat karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Mayo Clinic mengungkapkan bahwa jus delima mengandung antioksidan yang disebut polifenol. Jumlah antioksidan dalam jus delima dikatakan tiga kali lebih tinggi daripada teh hijau atau anggur merah.

Asupan antioksidan yang tinggi dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik dan menurunkan kolesterol. Pilih jus delima alami tanpa tambahan gula atau pemanis buatan lainnya.

5. Teh Hijau

Healthline menjelaskan bahwa teh hijau adalah salah satu minuman penurun kolesterol paling sehat yang bisa Anda coba. Hal ini karena teh hijau memiliki antioksidan yang tinggi.Pilih teh hijau daun longgar untuk mendapatkan hasil maksimal dari kantong teh hijau. Hal ini jelas karena teh jenis ini telah melalui banyak proses pembuatan. (*)

Baca: Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.