Ini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Setelah makan lebih banyak dari biasanya, beberapa orang mungkin mengalami kembung. Berikut cara mengatasi perut menurut para ahli.

Perut adalah kondisi umum saat makan berlebihan. Menurut Dr. Ali Rezaie, perut selalu terjadi akibat makan yang terlalu berlebihan Ali Rezaie menyarankan agar Anda segera mencari pertolongan medis.

Baca: DPR Usulkan Izin Praktek Kedokteran Dipermudah Tangani Covid-19

Berikut adalah empat hal yang dapat Anda lakukan cara mencegah dan mengatasi perut :

1. Istirahat di antara waktu makan

Usus halus menjaga dirinya tetap bersih dengan memindahkan makanan yang tidak tercerna ke dalam usus besar dan ini terjadi setiap dua jam ketika kita tidak makan.

Baca: Dalam Dua Hari, Bertambah Pasien Covid19 Meninggal di Parigi Moutong

2. Makan perlahan

Menurut ahli gastroenterologi Hardeep Singh, Anda menghirup lebih sedikit udara dengan mengunyah makanan lebih lama dan makan perlahan. Lebih sedikit udara berarti lebih sedikit pembengkakan.

3. Minum lebih banyak air

Makan terlalu banyak natrium dapat menyebabkan dan minum banyak air dapat membantu menghilangkannya.

4. Cobalah diet rendah fermentasi

Rezaie mengatakan makan makanan fermentasi rendah dapat membantu mengurangi gejala yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan di usus kecil. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan, menurut konsultan ahli gizi ahli gastroenterologi Kirsten Jackson.

Baca: Pemerintah Jamin Ketersediaan Stok Makanan Saat PPKM

Makanan yang sangat mudah difermentasi, seperti pemanis buatan, kacang-kacangan, kembang kol, dan brokoli menghasilkan gas, jadi mengurangi asupan dapat membantu. 

Namun, perlu diingat bahwa kacang-kacangan, kembang kol, dan brokoli memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, termasuk menyediakan serat yang penting untuk kesehatan usus, jadi Anda tidak boleh berhenti mengonsumsinya sama sekali. “Umumnya, diet yang lebih rendah karbohidrat dan lebih tinggi protein menyebabkan lebih sedikit ,” kata Rezaie.

Jika Anda tidak yakin atau jika Anda sering merasa bengkak hingga nyeri, temui dokter yang dapat meresepkan obat, diet, atau perawatan lainnya. (*)

Baca: Disperindag Parigi Moutong Kekurangan Tenaga Ahli Tera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.