Pemda Parigi Moutong Larang ASN Mudik Gunakan Plat Merah

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Berita Parigi Moutong, gemasulawesi – Pemda , Provinsi Sulawesi Tengah larang ASN mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah gunakan kendaraan .

“Pemerintah Pusat belum ada mengeluarkan edaran kendaraan plat merah digunakan mudik. Artinya, pemerintah melarang falisitas negara digunakan selain untuk kepentingan dinas,” kata Sekretaris Daerah Zulfinasran di Parigi, Sabtu, 16 April 2022.

Ia menjelaskan, Pemda telah menginstruksikan pada seluruh pegawai agar menaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam mekanisme penggunaan kendaraan dinas.

Baca: Parimo Siapkan Enam Titik Pos Terpadu Mudik Idul Fitri 1442 H

Sesuai surat edaran Menteri PAN-RB Nomor 13/2022 tentang cuti pegawai ASN selama periode libur nasional dan cuti bersama Idul Fitri, maka ASN dilarang menggunakan kendaraan dinas untuk mudik.

“SE pemerintah sangat jelas. Jika ada pegawai bertekad menggunakan kendaraan dinas untuk mudik saat Idul Fitri, tentu pemerintah daerah (Pemda) akan menindak dan memberikan saksi sesuai aturan terkait ASN,” tuturnya. 

Oleh karena itu, menghimbau kepada seluruh pejabat untuk menggunakan fasilitas negara secara bijak.

Baca: 120 Personel Polres Parimo Kawal Larangan Mudik

Sebab, bensin kendaraan dinas hanya digunakan untuk mendukung kegiatan pemerintahan guna memperlancar mobilisasi pegawai negeri sipil, dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi dan golongan tertentu. 

Sesuai kebijakan pemerintah, hari libur umum dan hari libur nasional ASN pada hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah akan dimulai dari 29 April hingga 6 Mei 2022.

Baca: Tahukah Kamu Lemak Ini Sangat Penting Untuk Tubuh?

“Berdasarkan SE MenpanRB Tjahjo Kumolo, bagi ASN yang akan bepergian ke luar daerah, pulang atau keluar negeri selama masa libur nasional dan libur Lebaran 2022 tetap harus  menerapkan protokol kesehatan. Jangan lupa, aplikasi PeduliLindungi digunakan,” tutup Zulfinasran. (dn)

Baca: Inilah 15 Hari Libur Nasional 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.