Pola Hidup Sehat Ala Tokoh Besar Dunia

waktu baca 11 menit

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Pola adalah suatu aktivitas yang dijalankan oleh manusia dengan rutin serta berkelanjutan yang akan memberikan makna yang positif bagi seseorang atau lingkungan sekitar. Pemahaman terkait dengan pola tak luput dari habit yang digunakan seseorang sebagai acuan dalam menjalani kehidupan.

Cara seseorang dalam menjalani kehidupan juga termasuk dalam pola . Dengan menjalani pola , kehidupan seseorang akan menjadi lebih indah tanpa adanya gangguan kesehatan.

Ingin Tahu Cara Mereka Menjalani Kehidupan?

Ada sebuah anggapan, jika seseorang yang memiliki kesibukan biasanya terserang masalah kesehatan. Hal ini terjadi karena ketidakmampuan seseorang dalam mengatur keseimbangan antara bekerja dengan aspek kehidupan.

Namun, hasil penelitian salah satu Universitas di Hongkong menunjukkan bahwa orang yang memiliki kesibukan yang tinggi bahkan memiliki kehidupan yang lebih sehat dibanding rekannya.  Berikut adalah pola yang dijalani para besar yang telah kami rangkum.

10 Besar yang Menerapkan Pola Hidup Sehat

  1. Nabi Muhammad SAW

Bagi umat Islam, Nabi Muhammad SAW telah sejak lama mencontohkan pola hidup sehat. Bahkan, Al-Quran dan Hadist pun juga telah menjelaskan beberapa pola hidup sehat ala sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah pola hidup sehat ala Nabi Muhammad SAW yang bisa kamu lakukan.

Baca: Elektabilitas Prabowo Subianto Bersaing Ketat Dengan Ganjar Pranowo

  • Konsumsi Makanan Halal dan Bergizi

Pola hidup sehat ala Rasulullah SAW yang pertama adalah poin utama. Sebab, selama hidupnya beliau selalu mentaati syariat Islam supaya tidak mengkonsumsi makanan yang haram.

Nabi Muhammad SAW juga melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi seperti buah zaitun, madu, dan kurma. Seperti sabda Rasulullah yang berbunyi:

“Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR. Bukhori dan Muslim).

  • Rajin Cuci Tangan

Sebagai suri tauladan bagi umat Islam, Nabi Muhammad SAW merupakan pribadi yang selalu menyempurnakan wudhunya. Pertama-tama, beliau mencuci kedua tangannya dengan bersih.

Oleh karenanya, Nabi Muhammad tak pernah sekali pun merasakan sakit perut atau gangguan pencernaan meski beliau makan menggunakan tangan.

  • Menggunakan Tangan Kanan dan Berdoa

Cara makan Nabi Muhammad SAW sangatlah mendetail, beliau selalu membaca doa baik itu sebelum dan sesudah makan. Cara ini dilakukan Rasulullah SAW dengan tujuan makanan yang dikonsumsi bisa menjadi obat, lebih berkah, dan mencegah dari sifat rakus.

Secara medis, makan dengan menggunakan tangan kanan lebih baik daripada makan dengan menggunakan tangan kiri. Sebab, tangan kiri biasanya digunakan untuk membasuh area intim seseorang, sehingga potensi menempelnya bakteri bisa saja terjadi.

Baca: Keputusan Rapat Konsinyasi DPR dan KPU Sepakat Kampanye 75 Hari

  • Makan Ketika Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Pola hidup sehat Ala Rasulullah SAW yang selanjutnya yakni makan ketika lapar dan berhenti makan sebelum kenyang. Mengapa demikian? Sebab, Allah SWT tidak menyukai orang yang berlebihan, termasuk saat makan.

Menurut HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, kapasitas perut dibagi menjadi tiga bagian, yakni sepertiga untuk minuman, sepertiga untuk udara, dan sepertiga lagi untuk makanan.

  • Jangan Tidur Larut Malam

Dari segi jam tidur, Nabi Muhammad selalu pada jam 21.00 atau ba’da shalat isya’. Beliau kemudian terbangun pada sepertiga malam. Penelitian menyebutkan, bahwa pukul 9 malam sampai pukul 3 pagi menjadi waktu bagi tubuh dalam memproses metabolisme yang hanya bekerja secara maksimal ketika tubuh dalam keadaan tertidur.

  • Rutin Olahraga

Di tengah kesibukannya dalam menyebarkan ajaran Islam, Nabi Muhammad SAW juga rutin melakukan aktivitas olahraga. Menurut hadist, beliau saat berjalan langkahnya lebih cepat dibanding para sahabat, dan juga selalu memiliki tubuh yang bugar.

Adapun Nabi Muhammad SAW menyukai tiga olahraga diantaranya seperti berkuda, memanah, dan berenang. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga suka jogging dan jalan cepat.

  • Rutin Berpuasa

Pada beberapa hadist nabi, dijelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan seorang yang rutin melaksanakan amalan puasa. Adapun puasa yang dijalani beliau diantaranya seperti puasa sya’ban, puasa awal dzulhijjah, puasa tiga hari setiap bulan hijriyah, puasa enam hari di bulan syawal, dan puasa daud arofah.

Begitu pula ketika tidak ada sesuatu yang dimakan, maka beliau berpuasa. Aktivitas berpuasa bahkan menarik para ilmuwan untuk menelitinya. Terbukti, dari penelitian ahli gizi asal Amerika Serikat, Allan Cott, menyatakan bahwa puasa memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Memperlambat proses penuaan
  • Menurunkan kolesterol dalam darah
  • Membantu detoksifikasi di dalam tubuh
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Salat dengan Khusyuk

Ketika melakukan shalat, Nabi Muhammad SAW selalu menjalankannya dengan khusyuk dan tuma’ninah. Bahkan, beliau sering membaca surat-surat panjang saat shalat. Selain itu, beliau juga selalu menghayati setiap gerakan shalat, serta memperpanjang gerakan sujud.

Menurut penelitian, gerakan shalat juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Dari beberapa penelitian, gerakan shalat bisa memperlancar aliran darah, melancarkan sistem pernafasan, meningkatkan saraf otak, dan merelaksasi otot.

  • Menjaga Kebersihan Gigi

Nabi Muhammad SAW selalu memerintahkan kepada umatnya untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi. Bahkan, Rasulullah selalu membersihkan gigi ketika mengawali aktivitas mulai dari bangun hingga tidur.

Pada zaman Rasul, memang belum ada sikat gigi seperti sekarang ini. Namun, Rasulullah menyikat giginya dengan menggunakan siwak. Aisyah RA juga menceritakan, bahwa beliau selalu mempersiapkan air wudhu dan siwak untuk Rasulullah. Saat beliau terbangun, beliau langsung mengambil siwak kemudian berwudhu dan melaksanakan shalat.

  • Konsumsi Jintan Hitam

Selain berolahraga, Rasulullah juga rutin mengkonsumsi habbatussauda atau jintan hitam. Habbatussauda juga menjadi salah satu bahan herbal yang bisa menyembuhkan segala penyakit.

  • Bekam

Rasulullah SAW melakukan bekam saat malaikat Jibril menemui beliau dengan membawa perintah untuk berbekam pada beberapa titik seperti di pundak, urat leher. Beliau juga pernah bersabda bahwa bekam di tengah tengkuk leher dapat menyembuhkan 72 penyakit.

Menurut Aiman bin Abdul Fattah dalam bukunya yang berjudul Keajaiban Thibbun Nabawi menyebutkan bahwa berdasarkan hasil laboratorium yang melakukan penelitian terhadap darah yang keluar dari titik bekam, ada beberapa hasil yang didapat diantaranya:

  • Pertama, pengobatan bekam menguatkan dan melindungi unsur sistem kekebalan tubuh
  • Kedua, bekam membuang sel darah merah yang rusak dan tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh
  • Ketiga, bekam terbukti dapat mempertahankan zat besi yang ada dalam tubuh agar tak keluar bersama darah kotor.
  • Keempat, selama proses bekam berlangsung. Semua kotoran, endapan, dan sisa darah mengaktifkan kembali sistem tubuh pasien.
  • Hindari Penyakit Hati

Dendam, sombong, dengki adalah beberapa penyakit hati yang merugikan kesehatan kita. Jika seseorang terlalu sering menyimpan perasaan (dendam) maka otomatis dia akan berpikir lebih keras. Siapa sangka, aktivitas berpikir ini juga membutuhkan energi yang besar.

Dan akhirnya, tubuh seseorang bisa menjadi lemah. Dalam ilmu medis, penyakit hati juga menjadi pemicu utama terjadinya gangguan kesehatan.

  1. David Beckham

Bagi penggemar sepak bola, hampir semuanya mengenal David Beckham. Eks pemain sepak bola asal Inggris tersebut pernah menjadi primadona karena keahliannya dalam mengeksekusi tendangan bebas.

Sebagai seorang atlet, Beckham tentunya selalu menerapkan pola hidup sehat supaya performa ketika bertanding selalu maksimal. Selain untuk mengejar prestasi, Beckham juga menjadikan keluarganya (terutama anak) sebagai motivasi untuk terus melakukan pola hidup sehat.

Adapun pola hidup sehat yang dijalani David Beckham adalah dengan cara menjaga pola makan, bangun lebih pagi setiap harinya, rutin melakukan aktivitas olahraga.

  1. Jack Dorsey

Sebagai salah satu mantan CEO Twitter, Jack Dorsey tentunya memiliki segudang aktivitas yang menguras tenaga. Untuk itu, pria 42 tahun itu menjalani pola hidup sehat dengan menyantap dua butir telur rebus sebagai menu sarapan tiap harinya.

Tak hanya makanan, Jack Dorsey juga rutin melakukan aktivitas fisik seperti meditasi dan hidroterapi selama satu jam di pagi hari dan sebelum tidur.

  1. Mark Zuckerberg

CEO Facebook (sekarang Meta), Mark Zuckerberg merupakan kalangan lainnya yang menjalani pola hidup sehat. Zuckerberg rutin berolahraga minimal tiga kali dalam sepekan.

Sama seperti gaya hidupnya yang sederhana, untuk urusan makanan pun Zuckerberg tidak terlalu ambil pusing. Dia menerapkan diet dengan cara memakan daging dari hewan yang disembelih sendiri, seperti ayam, lobster, kambing, hingga babi.

  1. Elon Musk

CEO SpaceX dan Tesla ini tentunya menjadi seorang yang memiliki aktivitas yang sangat padat. Bahkan, pria terkaya di tersebut mampu bekerja hingga 100 jam dalam sepekan. Sebagai seorang yang gila kerja, aktivitas untuk menjaga kesehatan pun sering ditinggalkan.

Melansir dari Business Insider, Elon Musk memiliki jadwal rutin dalam berolahraga yakni dua kali dalam seminggu. Namun, ia belum menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari.

Saat waktu luang, ia mengaku lebih sering melakukan olahraga treadmill dan angkat beban. Bukan hanya itu, Elon Musk juga mengakui bahwa dirinya seorang penggila olahraga yang memacu adrenalin. Ini dibuktikan ketika dirinya melakukan aksi ‘wing walk’ atau berdiri di atas sayap pesawat saat di udara pada tahun 2015.

  1. Stephen Hawking

Sebelum mengidap penyakit ALS, makanan kesukaan Stephen Hawking adalah mashed potato yang dihidangkan bersama segelas sampanye. Selain mashed potato, Stephen juga sangat menyukai kari pedas yang dipadu dengan potongan ayam melange.

Meski tak langsung melumpuhkannya, Stephen masih bisa merasakan makanan dalam kondisi normal pada akhir tahun 1970. Setelahnya, ia mengalami lumpuh total.

Jane Hawking dalam bukunya yang berjudul Travelling to Infinity, Jane menulis bahwa pasca mengidap kelumpuhan total, suaminya itu mulai kesulitan dalam mengunyah dan mencerna makanan yang dikonsumsi.

Dirinya yang sudah 25 tahun bersama Stephen Hawking, menjelaskan bahwa kala itu Stephen hanya bisa mengkonsumsi salmon sebagai makanan sehari-hari. Jane memang menerapkan diet tanpa gluten, makanan cepat saji, dan memberikan asupan vitamin B-12, vitamin C, vitamin E, serta suplemen zinc.

  1. Jane Goodall

Jane Goodall merupakan seorang antropologis perempuan asal Inggris yang mengabdikan dirinya untuk meneliti perilaku hewan primata. Terinspirasi dari buku berjudul Animal Liberation karya Peter Singer, dia merasa sedih sekaligus marah saat membayangkan rasa takut dan sakit yang dirasakan oleh hewan di pabrik dan peternakan.

Ia memulai untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bersumber dari protein hewani dan beralih menjadi seorang vegetarian. Ia yakin, dengan menjadi vegetarian bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Seperti mencegah jantung koroner, meminimalisir diabetes tipe dua, menurunkan berat badan, hingga kanker dan hipertensi.

  1. Michio Kaku

Michio Kaku adalah seorang besar yang juga menjadi public speaker, fisikawan, dan juga seorang penulis yang masyhur. Sebagai seorang ilmuwan, ia merupakan seseorang yang mencetuskan teori fisika string field.

Ia juga menjalani pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, olahraga yang sering ia lakukan adalah ice skating. Ia jatuh cinta dengan olahraga ini saat bermain ice skating bersama anaknya.

Menurutnya, dengan bermain ice skating sama saja dengan membuktikan dan merasakan hukum gerak Newton secara langsung. Manfaat ice skating di antara lain adalah menguatkan otot kaki, otot pinggul, otot bahu dan perut.

  1. Cristiano Ronaldo

Penggemar bola pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Cristiano Ronaldo, ya, untuk menjaga fisik tetap dalam performa yang maksimal, ia menjalani pola hidup sehat yang sangat ketat. Saking ketatnya, eks rekan Ronaldo di Manchester United, Patrice Evra, berseloroh bahwa ketika ia berkunjung ke rumahnya, Ronaldo akan mengajak berolahraga dan minum air putih saja.

Selain itu, ia juga menjalani diet ketat selama 15 tahun dan melakukan latihan kebugaran setiap hari, disiplin itulah yang menjadikan dirinya masih bertengger sebagai pemain top sampai saat ini.

Pola hidup sehat yang dilakukan Ronaldo adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein sebanyak enam kali dalam sehari. Ia mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan tidak mengkonsumsi makanan manis.

Dirinya menjelaskan, bahwa ia selalu makan tiap 3-4 jam. Menu sarapan yang ia santap adalah yogurt rendah lemak, keju, dan ham. Ketika sedang di luar, ia selalu memilih salad dan steak ayam karena rendah lemak dan tinggi protein.

Sementara untuk kegiatan olahraga, selain sepak bola yang menjadi pekerjaannya. Ia juga melakukan olahraga seperti angkat beban, latihan kardio, lari, berenang, hingga bersepeda.

Pola hidup sehat Ronaldo tak lepas dari kejadian pilu yang menimpa ayahnya. Ayahnya, Dinis Aveiro, wafat saat berusia 52 tahun karena ketergantungan dengan alkohol.

Daripada alkohol, ia lebih memilih jus buah, kopi, atau smoothie. Untuk menjaga kesehatan, ia juga menerapkan tidur lima kali dalam sehari. Ia juga menjalin kerjasama dengan konsultan tidur Nick Littlehales yang menyarankan Ronaldo untuk tidur lima kali dalam sehari.

Nick menjelaskan, 1,5 jam sebelum tidur ia menyarankan Ronaldo untuk mematikan televisi, ponsel atau perangkat yang memiliki layar. Tujuannya adalah, cahaya biru dari layar agar tidak mengganggu proses produksi hormon melatonin.

  1. Lionel Messi

Meski tak berlatih sekeras Ronaldo yang berfokus pada pembentukan otot tubuh. Namun, Messi juga memiliki latihan tersendiri untuk menjaga pola hidup sehat agar tubuhnya dalam kondisi yang prima.

Ia lebih sering melatih kecepatannya yang terbagi dalam tiga tahap seperti pillar skips, pillar bridge-font, dan peregangan hamstring. Messi juga melakukan lompat tali agar otot kakinya dalam kondisi yang kuat.

Untuk menu makanan, Messi selalu memilih lima menu utama diantaranya adalah minyak zaitun, air putih, buah, sayur, dan biji-bijian. Ia juga menghindari konsumsi gula karena berdampak buruk bagi otot. Ketika masih di Barcelona, Messi sangat menyukai ayam panggan yang dikombinasikan dengan umbi-umbian.

Untuk kamu yang ingin membaca tips lainnya seputar lifestyle, kamu juga bisa membaca tulisan kami lain yang telah tersaji di blog ini. (*/Fan)

Baca: Atur Pola Makan, Cara Sembuh Penyintas Covid 19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.