Ratusan Polisi Disiagakan di Tambang Emas PT Citra Palu Mineral

waktu baca 2 menit
Ket Foto: PT Citra Palu Mineral (CPM) pengolahan emas beroperasi di Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantikulore. (Foto/Facebook Opu Agus)

Berita , gemasulawesi – Ratusan polisi anggota Kepolisian Resor Kota Palu disiagakan jaga wilayah kontrak karya (PT CPM), Kelurahan Poboya, Kota Palu, .

Hal itu diungkapkan Kapolresta Palu Kombes Pol Barliansyah di Palu, Sabtu 29 Oktober 2022.

“Total ada tiga unit setingkat kompi yang berjaga di ruang kerja kontrak pertambangan PT CPM untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan” ucap Barliansyah.

Kapolresta menjelaskan, peringatan tiga anggota SSK itu untuk mencegah terulangnya aksi demo yang berujung bentrok antara warga yang menggunakan bom molotov dengan aparat polisi.

Kombes Pol. Barliansyah mengatakan, agar tidak ada lagi demonstrasi atau aksi blokade jalan, situasinya harus tetap kondusif.

Katanya, ketiga SSK tersebut melibatkan personel polisi Brimob dan Ditsamapta Polda Sulteng serta satu SSK Polres Palu yang berjumlah 300 orang dari masing-masing satuan berjumlah 100 orang dikerahkan jaga wilayah PT CPM Palu.

Saat ini pihaknya telah mengantongi beberapa nama aktor dan provokator yang berujung bentrok antara polisi dengan warga sekitar pada Rabu malam 26 oktober 2022.

“Kami sudah memiliki beberapa nama yang memprovokasi massa demonstrasi,” ucapnya.

Baca: Wali Kota Palu Minta Simulasi Bencana Agar Sering Dilakukan

Sebelumnya, tenaga Ahli Gubernur Ridha Saleh mengatakan penutupan jalan oleh masyarakat terkait dengan kualitas material yang dipasok oleh perusahaan.

Ridha menambahkan alasan lainnya adalah bahan tidak cocok untuk pengolahan tromol.

Ridha mengatakan, saat ini pemerintah sedang berusaha membuka tambang desa sesuai dengan keinginan masyarakat.

“Saat ini kami sedang dalam masa transisi menuju penataan permanen, jadi kami berharap masyarakat bersabar karena pengelolaan 25 hektar dan teknik lainnya juga sedang dipertimbangkan ke depan,” terang Ridha. (*/Ikh)

Baca: Kemenhub Lakukan Uji Coba KA Jalur Makassar-Parepare

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Editor: Muhammad Ikhsan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.