Tahun Ajaran Baru, Pemkab Parigi Moutong Terapkan Kurikulum Merdeka

waktu baca 2 menit
Ket foto: Kabid Manajemen SD, Ibrahim (dok. gemasulawesi)

Berita , gemasulawesi – 2022/2023, Pemerintah Kabupaten , Provinsi , sebagaimana edaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Manajemen SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Parigi, Kamis, 07 Juli 2022.

“Beberapa sekolah telah berkomitmen untuk menerapkan kurikulum ini dan kami siap untuk mengimplementasikannya,” ucap Ibrahim, Kepala Bidang Manajemen SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan , di Parigi, Kamis 07 Juli 2022.

Dijelaskannya, Surat Edaran Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 2774/H.H1/KR.00.01/2022 tentang Penerapan kurikulum merdeka Bagi Pendidikan tahun ajaran 2022/2023 ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Baca: DPKH Parigi Moutong Periksa Hewan Qurban Jelang Idul Adha 2022

Ia mengatakan, rata-rata guru satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD) sudah terdaftar di situs merdeka mengajar.

Dalam mengimplementasikan kurikulum, pemerintah pusat menyiapkan tiga opsi metode pembelajaran, yaitu belajar mandiri, mandiri berubah, dan mandiri berbagi yang dapat dipilih oleh sekolah.

“Karena kurikulum ini masih baru, langkah awal yang dilakukan adalah mensosialisasikan ke sekolah-sekolah agar implementasinya berjalan maksimal,” ucap Ibrahim.

Ia mengatakan, langkah yang akan dilakukan saat ini adalah mendorong satuan pendidikan untuk menginstal aplikasi Kurikulum Merdeka Belajar seperti yang diarahkan Kemendikbud Ristek, disertai sosialisasi.

Transformasi metode pembelajaran diterapkan kementerian terkait sebagai langkah untuk meningkatkan tingkat pendidikan tanah air.

“Kami berusaha untuk melaksanakan program ini secara lebih optimal. Kami juga siap menerima konsultasi dari pihak sekolah jika menemui kendala dalam perjalanannya,” pungkas Ibrahim. (*/Ikh)

Baca: Police Go School, Satlantas Parigi Moutong Ajak Pelajar Tertib Lalu Lintas

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.