209.888 KPM di Sulawesi Tengah Terima BLT BBM dan BPNT

waktu baca 2 menit
Foto/Istimewa

Berita Sulawesi Tengah, gemasulawesi – 209.888 ribu keluarga penerima manfaat (KPM di Sulawesi Tengah telah terima bantuan langsung tunai (BLT) dampak kenaikan bahan bakar minyak (BBM) dan bantuan langsung non tunai (BPNT).

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Sulawesi Tengah Siti Hasbiah saat dihubungi di Palu, Minggu 11 September 2022.

“Data penerima kesejahteraan sebelumnya sebanyak 214.038 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), kemudian dilakukan verifikasi dan validasi ulang menjadi 209.888 KPM,” ucap Siti Hasbiah.

Ia menjelaskan, data tersebut mencakup 13 provinsi/kota di provinsi tersebut, dimana penyaluran dua program kesejahteraan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menjaga ketahanan ekonomi nasional akibat penyesuaian harga BBM bersubsidi.

Dua bantuan sosial (Bansos) disalurkan dalam bentuk BLT BBM senilai Rp300.000 untuk bulan September dan Oktober, kemudian BPNT untuk bulan September senilai Rp200.000 yang saat ini sedang disalurkan ke masyarakat.

“Penyaluran tahap pertama sedang berlangsung. Menurut laporan yang kami terima sejauh ini, 10 kabupaten dan satu kota telah di salurkan, sedangkan dua kabupaten lainnya dijadwalkan pada Senin, 12 September 2022, “kata Hasbiah.

Dia menjelaskan, proses pendistribusian tidak ada hambatan oleh PT Pos Indonesia selaku penanggung jawab penyaluran bansos dari pemerintah pusat.

Baca: Oknum Polisi Diduga Perkosa Keponakannya Terancam Dipecat

Ia yakin penerima BLT dan BPNT tepat sasaran karena data usang yang digunakan merujuk pada Data Kesejahteraan Sosial Terpadu (DTKS) Departemen Kesejahteraan Sosial.

Hasbiah mengatakan, Pemerintah Pusat telah mencairkan APBD Sulteng tahap pertama sekitar Rp 104,9 miliar.

“Setidaknya Kabupaten Banggai 3.443 KPM sedangkan sembilan daerah lainnya memiliki 8.000 hingga 19.000 KPM dan kami berharap dukungan ini dapat menjaga daya beli masyarakat,” pungkas Hasbiah. (*/Ikh)

Baca: Hacker Bjorka Sentil Denny Siregar Soal Pakai Duit Rakyat

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.