Atasi Perut Buncit Tanpa Olahraga? Ini Caranya

waktu baca 4 menit
Ket Foto: Ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Masalah memang membuat kita pusing. Hal ini tidak hanya menghancurkan kepercayaan diri, tetapi juga menyebabkan berbagai penyakit. Namun, kebanyakan orang ingin mencari cara untuk menghilangkan lemak perut tanpa berolahraga. Memang, merupakan salah satu penunjang yang memungkinkan kalori tubuh terbakar lebih cepat. Bagaimana cara mengatasi tanpa harus ? Berikut cara-cara yang telah kami rangkum untuk membantu Anda mengecilkan perut secara efektif tanpa harus berolahraga.

  1. Jangan lewatkan sarapan

Beberapa orang berpikir bahwa jika Anda ingin memiliki perut yang rata, Anda perlu mengurangi asupan makanan. Memang benar, tapi mengurangi porsi makan bukan berarti membuat pola makan berantakan.Padahal, cara mengecilkan perut yang nomor satu adalah dengan tetap rutin sarapan. Karena selain untuk alasan kesehatan, sarapan dapat membantu tubuh untuk mengontrol porsi makan siang agar tidak berlebihan. Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak boleh makan lemak jenuh untuk sarapan.

  1. Secara teratur cobalah minum air mineral yang cukup

Dengan minum air mineral akan membantu mengurangi nafsu makan anda, sehingga bisa mengontrol berat badan, apalagi jika itu dilakukan sebelum makan. Berdasarkan sebuah penelitian, diketahui jika usia dewasa meminum air sebanyak setengah liter kurang lebih 30 menit sebelum makan, itu akan memberikan manfaat mengurangi rasa lapar dan asupan kalori. 

Dalam studi tersebut, peserta yang minum air mineral sebelum makan kehilangan berat badan 44% lebih banyak selama periode 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak menggunakan metode ini untuk mengecilkan perut mereka.

  1. Mengkonsumsi lebih banyak protein

Kandungan protein dalam makanan memiliki efek yang kuat dalam meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar dan membantu Anda makan lebih sedikit kalori. Ini bisa jadi karena protein mengandung hormon yang berperan dalam rasa lapar dan kenyang. Hormon-hormon ini termasuk ghrelin dan GLP1. Jadi, jika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang mengandung lemak jenuh, pertimbangkan untuk beralih ke makanan berprotein tinggi.

  1. Makan makanan tinggi serat

Mengkonsumsi makanan tinggi serat larut juga merupakan cara yang efektif untuk mengecilkan perut. Makanan kaya serat dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Kandungan serat larut akan berubah menjadi gel saat kontak dengan air. Gel dapat meningkatkan waktu penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan lambung.

  1. Kurangi asupan natrium Anda

Makan makanan asin dan asin membuat rasanya enak. Namun, ternyata kandungan garam pada makanan asin dan asin mampu mengikat atau menahan air di dalam tubuh. Jadi jika terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi sodium, pasti akan berpengaruh pada penambahan berat badan. Cara mengecilkan perut bisa dibantu dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi sodium.

  1. Minuman yang mengandung kadar gula tinggi wajib dihindari

Jika ingin mengecilkan perut, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman manis dengan tambahan gula. Minuman atau makanan tinggi gula dapat meningkatkan lemak  perut.

  1. Tidur tepat waktu

Kita kadang mengabaikan pola tidur sehat. Memang, waktu istirahat yang cukup memiliki efek signifikan pada penurunan berat badan dan penekanan nafsu makan.

Leptin dan ghrelin adalah hormon yang mengatur nafsu makan, akibat tidur yang tidak cukup akan menggangu hormon tersebut.  Oleh karena itu, diperlukan waktu istirahat yang cukup (8 jam untuk orang dewasa), agar tubuh sehingga kalori dapat dicerna dengan baik oleh tubuh.

  1. Hindari stres

Stres sering menyebabkan masalah  psikologis seperti gangguan makan.Gangguan ini menyebabkan Anda makan makanan dalam porsi  besar pada waktu tertentu, makan tidak terkendali, terus makan saat kenyang, hingga menimbulkan rasa kenyang yang  berlebihan.   Hormon kortisol mengalami peningkatan jika anda mengalami stress. Dimana hormon ini berfluktuasi  meningkatkan rasa lapar dan mengidam makanan yang tidak sehat. Hal ini cenderung menyebabkan asupan kalori yang berlebihan.

  1. Makan dari piring kecil

Makan dari piring kecil dapat membantu Anda merasa nyaman makan dengan porsi yang tepat. Secara tidak sadar Anda berasumsi bahwa makanan di piring kecil terlihat lebih enak jika menggunakan piring besar. Secara tidak langsung, makan dari piring menjadi faktor pendukung untuk membantu meratakan perut yang buncit.

  1. Kunyah Perlahan

Ingatlah bahwa otak kita membutuhkan waktu untuk memproses informasi bahwa kita sudah cukup makan. Jangan mengunyah makan dengan cepat atau makan secara tergesa-gesa itu tidak baik untuk kesehatan, dengan mengunyah secara perlahan bisa memperlambat proses makan anda.

Juga, dengan cara ini Anda dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat Anda makan lebih sedikit. Seberapa cepat Anda selesai makan juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi berat badan Anda.

Inilah cara yang bisa kamu lakukan tanpa untuk menghilangkan lemak perut. Kami selalu menyarankan agar Anda melakukan ringan secara rutin agar tubuh Anda dapat membakar kalori lebih cepat dan proses pengecilan lemak perut lebih efektif.  (*)

Baca: Ini Sejumlah Negara Tanpa Malam Hari

Rekomendasi

Kartu Prakerja 2023 Akan Segera Di Buka

Gracesilia Shea Arsiane
0
Kartu Prakerja 2023
0
Under The Queen Umbrella Episode 15
0
Persiapan Menuju Natal Yang Harus Kamu Lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.