Ini Sejumlah Negara Tanpa Malam Hari

waktu baca 3 menit
Ket Foto ilustrasi

Kupas Tuntas, gemasulawesi – Pernahkah Anda mendengar istilah matahari tengah malam? Istilah ini digunakan untuk menggambarkan fenomena dimana suatu tanpa hari, disana matahari terus bersinar meskipun jam sudah lewat tengah . Fenomena alam unik tanpa hari ini terjadi setiap musim panas di tujuh di dunia.

Biasanya, matahari mencapai puncaknya selama bulan-bulan musim panas setiap tahun. Selama bulan-bulan khusus ini, seluruh area di sekitar sisi utara Lingkaran Arktik menikmati sinar matahari hingga 24 jam per hari.Intensitas matahari tengah bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain kedekatan dengan kutub bumi dan keberadaan awan dan kabut.
Berikut 7 tanpa akibat fenomena matahari tengah :

1. Norwegia
Negara di ujung Eropa Utara ini dijuluki “negeri matahari tengah ”. Pada puncak musim panas, matahari tidak pernah terbenam sepenuhnya di bawah cakrawala di banyak kota, termasuk kota Tromso.Dari Mei hingga Juli setiap tahun, penduduk kota Tromso mengalami hari tanpa .
Inilah mengapa Tromso adalah tujuan wisata populer untuk mengagumi matahari tengah di puncak musim panas. University of Tromso bahkan dianggap sebagai salah satu pusat penelitian matahari tengah terkemuka di dunia.
Selain Tromso, Kepulauan Svalbard juga mengalami hari tanpa . Di sana, matahari tengah dimulai pada 20 April dan berakhir pada 22 Agustus.Sementara itu, di Cape Nordkinn, matahari tengah terlihat mulai 14 Mei hingga 29 Juli. Norwegia menjadikan fenomena ini sebagai promosi wisata.

2. Swedia
Tetangga Norwegia, Swedia juga merupakan negara yang tumbuh subur di siang hari . Di wilayah Lapland, yang merupakan bagian paling utara Swedia, matahari tengah malam tetap terlihat selama hampir 60 hari dari 27 Mei hingga 18 Juli.Sementara itu, penduduk asli Lapland juga sulit tidur karena matahari masih bersinar di luar meski jam sudah lewat tengah malam. Oleh karena itu, dengan setiap puncak musim panas, penjualan tenda laris manis.
Selain Lapland, kota Abisko dan Jokkmokk juga merupakan tempat terbaik untuk melihat matahari tengah malam di Swedia.

3. Finlandia
Seluruh Finlandia mengalami matahari tengah malam, meskipun intensitasnya paling tinggi di Finlandia utara.Matahari tengah malam berlangsung lebih dari 70 hari di Finlandia. Tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena alam di sini adalah Helsinki.
Sebuah kepercayaan populer lama tentang matahari tengah malam di Finlandia adalah bahwa jika seorang gadis muda mengambil tujuh bunga dari bawah bantalnya pada malam musim panas, calon pacarnya akan muncul dalam mimpinya pada hari terpanjang dalam setahun.

4. Greenland
Di Greenland tengah, matahari tidak terbenam dari akhir Mei hingga akhir Juli. Pada saat ini, sinar matahari yang lembut dan hangat membuat pemandangan di sekitarnya menjadi seperti mimpi; gunung es dan bukit bermandikan warna pink, ungu, kuning dan merah.
Kota paling utara, Qaanaaq, adalah tempat terbaik untuk mengamati matahari tengah malam.

5. Islandia
Matahari Tengah Malam di Islandia dapat terlihat hampir sepanjang hari dan terkadang tetap cerah setelah matahari terbenam hingga matahari terbit berikutnya sekitar 34 jam kemudian.
Durasi matahari meningkat secara bertahap dari pukul 18:00 hingga 20:00 pada bulan Mei, kemudian mencapai puncaknya pada tahun 2021 pada bulan Juni sebelum berangsur-angsur berkurang pada bulan Juli dan Agustus, saat matahari terlihat antara dari 18-14 jam.

6. Alaska, AS
Alaska adalah negara bagian paling utara di Amerika Serikat. Selama lebih dari 70 hari, matahari tetap berada di atas cakrawala dari pertengahan April hingga Agustus setiap tahun.Tempat terbaik untuk mengalami fenomena alam ini di Alaska adalah Fairbanks. Banyak perusahaan tur yang beroperasi di Fairbanks menawarkan paket Midnight Sun ke Lingkaran Arktik dan sekitarnya.

7. Kanada
Arktik Kanada adalah negeri matahari tengah malam karena matahari tidak terbenam di sana selama bulan-bulan musim panas. Inuvik, salah satu wilayah paling utara Kanada, mengalami fenomena alam ini selama 56 hari. (*)

Baca: LAPAN Sebut Peristiwa Matahari Terbit Dari Utara Wajar

Rekomendasi

Kartu Prakerja 2023 Akan Segera Di Buka

Gracesilia Shea Arsiane
0
Kartu Prakerja 2023
0
Under The Queen Umbrella Episode 15
0
Persiapan Menuju Natal Yang Harus Kamu Lakukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.