Banjir Masih Sering Mengancam Sejumlah Wilayah Kabupaten Poso

waktu baca 2 menit

Poso, gemasulawesi – Banjir masih sering mengancam sejumlah wilayah . Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi segera mengambil tindakan cepat untuk menangani banjir di sejumlah desa di .

Andi Sembiring, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Sulteng mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan BPBD Poso dan langsung menurunkan tim ke lokasi untuk penanganan banjir di poso.

Baca: Penyakit Hepatitis Misterius Dan Cara Mencegah Menurut Dokter

Dari data BPBD Sulteng, sebanyak empat desa di wilayah tersebut terdampak banjir akibat hujan deras.

Banjir pertama terjadi di tenggara kecamatan Pamona, pada Rabu, 4 Mei 2022 pukul 8 malam.

Banjir mengakibatkan dua desa terendam, yakni Desa Korobono dan Desa Salindu, . Sebanyak 89 keluarga (KK) di dua desa terdampak dari banjir tersebut.

Banjir yang kedua kalinya terjadi pada Kamis, 5 Mei 2022 sekitar pukul 04:00 WITA dini hari.Banjir melanda dua desa yakni Desa Kaduwaa dan Desa Alitupu di Kecamatan Lore Utara. Sebanyak 269 rumah terendam banjir, selain rumah, 3 unit rumah ibadah dan 1 unit sekolah juga terendam.

Pantaun terakhir dari BPBD, banjir di empat desa di dua kecamatan tersebut kini sudah surut.

BPBD Sulteng mencatat, Kamis 5 Mei 2022 269 KK terdampak banjir bandang atau 1.076 jiwa.

“Diperlukan normalisasi sungai di Pamona tenggara, sungai gimpu dan juga sungai Korbono, sedangkan di Lore Utarasebagian penduduk mengungsi dan kebutuhan mereka darurat air minum, selimut dan normalisasi air sungai di wilayah tersebut,” katanya.  

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika juga telah memberikan informasi bahwa Provinsi masih berpotensi hujan lebat disertai angin kencang hingga Sabtu 7 Mei 2022.  

“Situasi terakhir, air sudah surut,” jelasnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Palu (BMKG) mengatakan, lima wilayah di yang harus tetap waspada terhadap banjir dan tanah longsor akibat hujan deras di wilayah itu.  

Kelima Kabupaten yang harus waspada terhadap banjir dan tanah longsor adalah Tolitoli,Poso,Buol, Tojo unauna dan juga Banggai. (*)

18 Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara yang Wajib Kamu Kunjungi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.