Diskominfo-SP Sulawesi Selatan Luncurkan Portal Satu Data

waktu baca 3 menit
Ket Foto: Diskominfo-SP Sulawesi Selatan luncurkan Portal Satu Data (Foto/Facebook Diskominfo-SP Prov. Sulsel)

Berita , gemasulawesi – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian () Provinsi (Sulsel) luncurkan tahun 2022 di Gammara Hotele Makassar, Jumat 18 November 2022.

luncurkan portal tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas statistik daerah sekaligus peresmian Forum Sulsel Satu Data.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan BPS Sulsel, Pengurus dan Pengawas Bidang Sulsel, perwakilan Dinas Kominfo, Dinas Statistik dan Bappelitbangda Kabupaten/Kota se-Sulsel, serta Pengelola Data Sektoral cabang Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi .

Dalam sambutannya atas nama Gubernur , Tautoto Tana Ranggina, Asisten III Bidang Administrasi, menyambut baik peluncuran , peresmian Forum Satu Data dan MOU untuk mendukung Satu Data .

Baca: Sembilan Anak di Sulawesi Selatan Suspek Gangguan Ginjal Akut

Ini adalah bagian dari penguatan koordinasi dan keterlibatan bersama. Dengan mengambil data dari Indonesia, khususnya di tingkat provinsi di , dan mendukung pengambilan keputusan berbasis data,” ucap Tautoto.

Selain itu, beliau menyampaikan bahwa data berperan penting dalam persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan suatu daerah.

“Dalam setiap rencana pembangunan, selalu diperlukan database yang lengkap, valid dan terkini, yang dapat menggambarkan kondisi kawasan secara keseluruhan. Sehingga pembangunan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan hasil yang maksimal, tentunya data yang digunakan bisa saja mengandung kesalahan yang menyebabkan rencana menjadi tidak dapat digunakan, atau dengan kata lain jika data yang diinputkan datanya sampah, maka yang dihasilkan juga sampah,” lanjutnya.

Baca: Dinkes Sulawesi Selatan Tindak Lanjuti Anak Dicurigai Ginjal Akut

Tautoto bersyukur Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) dapat menjadi landasan hukum atau payung yang kokoh bagi reformasi tata kelola data pemerintah.

Selain itu, program nasional Satu Data Indonesia (SDI) bertujuan untuk menghasilkan data pemerintah yang akurat, tepat waktu, terintegrasi dan dapa dipertanggungjawabkan.

Dan mudah diakses dan diterapkan serta dapat dibagi antara otoritas pusat dan daerah.

Baca: Data Penerima BLT BBM di Sulawesi Selatan Capai 396.148

Ia mengatakan, oleh karena itu, saya mengapresiasi Forum Indonesia Satu Data Sulsel, yang merupakan wadah koordinasi dan komunikasi antar instansi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing dalam penyelenggaraan pemerintahan, agar permasalahan data dapat diselesaikan.

Melalui SDI, semua data dari instansi pemerintah daerah Pemprov Sulsel dan instansi terkait lainnya dapat diteruskan ke Sulsel.

Menantikan juga perhatian kepala daerah aparatur untuk menyediakan data statistik sektoral yang dimutakhirkan secara berkala sesuai kompetensinya dalam aplikasi One Data Sulsel.

Baca: Geger Penemuan Bayi Perempuan Dalam Masjid Luwu, Sulawesi Selatan

“Oleh karena itu, aparat pelaksana yang ditunjuk harus memahami substansi teknis dan pemahaman yang baik tentang peran dan fungsi statistik industri, yang merupakan salah satu kunci keberhasilan tujuan One Dating Indonesia,” tutupnya. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.