Sembilan Anak di Sulawesi Selatan Suspek Gangguan Ginjal Akut

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Sembilan anak di Sulawesi Selatan suspek gagal ginjal akut (Foto Ilustrasi/Pixabay)

Berita Kesehatan, gemasulawesi – Sembilan di atau dicurigai gangguan ginjal akut atipikal progresif berdasarkan, laporan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi .

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Ardadi di Makassar, Senin 7 November 2022.

“Tidak satu pun dari kasus ini sudah ditetapkan sebagai gangguan atipikal progresif,” ucap Ardadi.

Dari sembilan kasus gangguan atipikal tersebut, tujuh dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo, satu dirawat di RS Daya Makassar dan satu dirawat di RS Angkatan Laut Jala Ammari Makassar.

Baca: Dampak Gerhana Bulan Total Picu Pasang Air Laut Total di Sultra

Tentang obat atipikal progresif ini, Ardadi mengatakan Kementerian Kesehatan segera mendistribusikannya ke rumah sakit, namun hingga saat ini ia belum menerima laporan distribusinya.

“Sejauh ini tidak dipungut biaya. Tugas kami hanya melobi, Kementerian Kesehatan akan segera mengirimnya ke rumah sakit,” ucapnya.

Sebagai langkah antisipasi, Ardadi mengimbau orang tua untuk segera membawa anaknya ke fasilitas kesehatan terdekat jika mengalami gejala seperti demam selama 3 hingga 5 hari, batuk, pilek, sering mengantuk, diare, mual dan muntah karena infeksi di saluran pencernaan.

Baca: Kebakaran PT GG Kediri, Manajemen Enggan Beritahu Penyebab

Ia mengatakan jika warna urin berubah menjadi coklat, penurunan volume urin sampai tidak ada buang air kecil, pastikan agar cukup minum untuk mendapatkan cairan yang cukup, jika ada gangguan saluran kemih yang berlangsung lebih dari 12 jam. (*/Ikh)

Editor: Muhammad Ikhsan

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.