Group Hacker Meretas Situs Resmi Bawaslu di Sumatera Barat

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Hacker retas situs resmi bawaslu Sumatera Barat (Foto/Ilustrasi Gambar)

Berita Nasional, gemasulawesi – Group hacker menamakan diri mereka Banyumas Cyber Team (BCT) melakukan aksi dengan meretas sejumlah situs resmi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di .

Enam situs Bawaslu yang diretas group hacker saat ini masih belum. Hingga saat ini masih tampilan masih berwarna putih Bahkan ada karikatur kartun yang menggambarkan Tim Cyber Banyumas (Javanese Team).

Belum diketahui apa motif sebenarnya dari peretas tersebut. Hasil penelusuran yang juga diretas pada Senin 26 September 2022 di situs Bawaslu Agam dan Kota Solok yang sebelumnya dipantau kini telah dipulihkan.

Komisaris Bawaslu Sumbar Benny Aziz mengatakan pihaknya sedang berupaya memulihkan situs Bawaslu daerah yang diretas.

Baca: Update Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 1.411 Orang

“Tim operasi sedang bekerja untuk memulihkan situs web daerah Bawaslu yang diretas. Tampilan depan situs web yang dimodifikasi peretas,” ucap Benny Aziz.

Menurut Benny, belum diputuskan apakah kasus ini akan berujung pada laporan polisi. Hari ini pukul 10.00 WIB, Bawaslu menggelar rapat paripurna di mana salah satu topik yang akan dibahas adalah apakah isu peretasan tersebut dilaporkan ke polisi atau tidak.

Benny Aziz mengatakan, dalam waktu dekat kita akan rapat paripurna. Kita akan bahas apakah ini akan dilaporkan ke polisi atau tidak. Namun, mengakses tanpa izin, apalagi mengubah penampilan, adalah ilegal. Jelas ini adalah dorongan kami juga untuk meningkatkan keamanan sistem di situs Bawaslu. (*/Ikh)

Baca: Beban Daya PLN Membengkak, Program Kompor Listrik Ditunda

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.