Imbas Harga BBM Naik, Tarif Angkot di Kendari Naik 20 Persen

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Siswa SMA mengunakan jasa angkutan kota (Foto/Ilustrasi Gambar)

Berita Sulawesi Tenggara, gemasulawesi – Imbas harga bahan bakar minyak (BBM) naik, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara, memutuskan tarif angkutan kota (angkot) naik hingga 20 persen, pada Sabtu 3 September 2022.

Laode Abdul Manas Shalihin, Kepala Dinas Perhubungan Kendari, mengatakan kenaikan tarif angkot di ibu kota Sulawesi Tenggara itu berdasarkan Keputusan Walikota Kendari Nomor 1057 Tahun 2022 tentang Penetapan Tarif Penumpang Angkutan Umum dalam Kota Kendari.

“Mengenai kenaikan tarif angkot, SK Wali Kota resmi telah dikeluarkan hari ini. Yang jelas biaya angkot akan naik sekitar 20 persen untuk umum dan sekitar 14 sampai 15 persen untuk pelajar,” ucapnya.

Dengan penyesuaian ini, tarif angkutan umum yang sebelumnya sebesar Rs 5.000, telah dinaikkan sebesar Rp 1.000 menjadi Rp 6.000. Sedangkan harga untuk pelajar adalah Rp3.500 naik Rp 500 menjadi Rp 4.000.

Ia mengatakan, keputusan penetapan kenaikan tarif angkot baru terbit hari ini dan sedang diedarkan serta diberlakukan. Itu berlaku untuk semua rute di Kota Kendari.

Ia menjelaskan selain itu setiap pengusaha, pengelola dan pemilik angkot wajib menyatakan besar tarif angkutan kota dengan menempelkan stiker di setiap angkot yang dioperasikannya.

“Dengan berlakunya SK Walikota ini, maka SK Walikota Kendari Nomor 933 Tahun 2022 tentang Penetapan Tarif Angkutan Umum dan Kota Kendari dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” ucapnya.

Baca: Makassar Buka Investor Pengolahan Sampah Jadi Energi Listrik

Laode menjelaskan bahwa salah satu penyebab kenaikan tarif angkutan umum adalah untuk menyelaraskannya dengan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, terutama bagi pengusaha dan pengemudi angkot, yang sangat terpengaruh oleh kebijakan penyesuaian bahan bakar.

Ia mengatakan, pihaknya baru mengetahui teman-teman sopir angkot terkena dampak langsung karena harus mengisi BBM setiap harinya. (*/Ikh)

Baca: Pemkot Palu Perkuat Mitigasi Melalui Desa Tangguh Bencana

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.