Kemenhub Buka Posko Angkutan Nataru Hingga 3 Januari

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto/Kementerian Perhubungan)

Berita Nasional, gemasulawesi – Kementerian Perhubungan () resmi buka Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023 pada Senin 19 Desember 2022.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memperkirakan pergerakan orang dan kendaraan yang melintas di Nataru tahun 2022/2023 akan berbeda dengan tahun lalu.

“Menurut survey yang dilakukan, sekitar 16% yang akan mudik atau sekitar 44 juta orang,” ucap Budi saat pembukaan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru 2022/2023, Senin 19 Desember 2022.

Budi mengungkapkan bahwa selama Nataru 2022/2023 akan lebih banyak didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor.

Baca: Kemenhub Lakukan Uji Coba KA Jalur Makassar-Parepare

Budi mengimbau semua pihak yang terlibat untuk mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan sepeda motor karena tidak aman.

Selain itu, Budi mengimbau semua pihak mengantisipasi pergerakan Nataru 2022/2023 karena tidak ada pembatasan mobilitas seperti saat libur Idul Fitri 2022.

“Dengan pertumbuhan Covid-19 saat ini yang cenderung meningkat dan Nataru juga bertepatan dengan libur sekolah, maka tren mobilitas yang tinggi perlu diatur dengan baik agar dapat dilaksanakan dengan aman dan nyaman,” terang Budi.

Baca: Kemenhub Turun Tangan Atasi Konflik di Pelabuhan Kendari

Hendro Sugiatno, Dirjen Perhubungan Darat memastikan 2022/2023 dibuka hingga 3 Januari 2023. Ia memastikan kantor pos akan tutup pada 4 Januari 2023. Januari 2023.

“Salah satu tujuannya adalah untuk memantau dan mengontrol transportasi serta meningkatkan koordinasi pemangku kepentingan di lapangan dan memberikan informasi terkini,” kata Hendro.

Hendro mengatakan, Kementerian Perhubungan tahun ini telah melakukan berbagai persiapan untuk membuka Posko Nataru.

Baca: Kemenhub Tunda Kenaikan Tarif Ojol

Di antaranya survei untuk memprediksi pergerakan masyarakat yang mudik hingga pemeriksaan keselamatan yang dilakukan untuk semua moda transportasi baik darat, laut, udara, dan kereta api. (*/Ikh)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.