Morowali Jadi Tuan Rumah Rakor PPID Tahun Depan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kepala DKIPS Dra. Novalina, MM. (Foto/DKIPS Sulawesi Tengah)

Berita , gemasulawesi – Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik telah menyelesaikan Rapat Koordinasi PPID Kedua Lingkup Provinsi di Hotel Santika, Luwuk Banggai. Rabu (30-03-2022).

Rapat Koordinasi dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 29 Maret 2022 sampai dengan 30 Maret 2022. Seluruh pimpinan OPD, Dinas Komunikasi, Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten/kota, dan PPID Utama Kabupaten/Kota se- juga ikut serta.

Baca: Warga Terdampak Banjir Dapatkan Bantuan Logistik BPBD Parigi Moutong

Pada hari pertama, Kepala Dinas Kominfo Dra. Novalina, MM menyampaikan materi tentang Evaluasi Layanan Informasi dan Komunikasi Publik, dan pada hari kedua Kepala Bidang IKP Hasim R, S.Kom. M.Si meberikan materi tentang penyusunan daftar informasi publik dan Ketua Komisi Informasi Sulteng Abas A. Rahim, SH juga ikut memberikan materi terkait penyelesaian sengketa informasi publik.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Dra. Novalina, MM mengatakan, Rakor PPID ke-3 selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Morowali.

Baca: Kebakaran Berangus Pasar Inpres di Kota Palu

“Mengapa Morowali terpilih menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi PPID ke-3, karena Morowali terpilih sebagai pemerintah yang responsif dalam pengelolaan PPID.” Ucap Kadis Kominfo

Adapun rekomendasi yang diadakan setahun kedepan yakni:

  1. Rapat Koordinasi PPID ketiga akan dilaksanakan di Kabupaten Morowali.
  2. Memperkuat implementasi kegiatan keterbukaan informasi publik melalui pengaggaran kegiatan Sosialiasi di wilayah Kabupaten/kota se-Provinsi .
  3. Menyusun surat edaran Gubernur ke Bupati/Walikota Provinsi untuk mendukung peningkatan layanan informasi publik.
  4. Melakukan Studi Bandingan ke Best Practice Pengelola PPID, KIM dan SP4N Lapor! Dengan sumber pembiayaan dana masing-masing Kabupaten/Kota dan perangkat.
  5. Penyeragaman Nomenklatur urusan Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik.
  6. Percepatan penyusunan Daftar Informasi Publik dan Pembuatan Website resmi berdomain go.id bagi PPID Kabupaten/Kota.

Baca: Prediksi Manchester United Vs Leicester City, Sabtu, 2 April 2022

“Enam Rekomendasi PPID kita, dari Rapat Koordinasi ke-2 ini, semoga komitmen dan semangatn kita tetap terjaga utnuk dapat merealisasikan enam rekomendasi ini, sehingga bergerak cepat untuk Informatif.” Lanjutnya

Selain itu, ia mengatakan rekomendasi itu akan diadakan sampai Desember tahun ini, Yang dijadikan sebagai penguat sinergi dalam mewujudkan pelayanan informasi publik yang berkualitas melalui PPID.

Selama Satu Tahun kedepan, akan dilakukan evaluasi untuk melihat apakah pemerintah daerah responsif, kemudian akan dipilih menjadi tuan rumah rapat koordinasi berikutnya.

“Dengan motivasi dan spirit kita bersama, kita harus optimis mengejar Sulteng Informatif dalam waktu dekat, tidak harus menunggu tahun 2026.” Harap Kadis Kominfo.  (**)

Baca: Hasil Pertandingan Ekuador vs Argentina Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.