Berikut Nomor Urut Paslon Pilwakot Palu 2020

waktu baca 3 menit
Berikut Nomor Urut Paslon Pilwakot Palu 2020 (Foto: Ist)

Berita kota palu, gemasulawesi– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan pengambilan nomor urut Pasangan calon (Paslon) perhelatan Pilwakot Palu 2020.

“Peserta yang ikut pada rapat pleno terbuka pengundian nomor urut ini, sangat jelas diatur dalam PKPU Nomor 10 Tahun 2020,” ungkap Ketua KPU Kota Palu, Agussalim Wahid, saat Rapat Pleno terbuka KPU di Palu, Kamis 24 September 2020.

Pada perhelatan Pilwakot Palu 2020 ini kata dia, setelah dinyatakan memenuhi syarat, empat Paslon Walikota dan Wakil Walikota Palu mengikuti tahapan pengundian nomor urut peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Dari pantauan, setelah dilakukan pengambilan nomor urut secara acak, Paslon Aristan- Wahyudin memperoleh nomor urut satu.

Kemudian, H. Hadianto Rasyid – dr. Reny Lamadjido nomor urut dua. Kemudian, Paslon Hidayat – Hanba Yanti Ponulele nomor urut tiga.

Sedangkan, Paslon Imelda Liliana – Arena JR Parampasi nomor urut empat.

Dalam kegiatan ini, para Paslon juga dipandu komisioner KPU melakukan pembacaan deklarasi. Dan dilanjutkan penandatanganan pakta integritas penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Rapat pleno itu dipimpin langsung Ketua KPU Palu, Agussalim Wahid, didampingi seluruh komisioner KPU Palu lainnya, Iskandar Lembah, Idrus, Nurbiah.

Selain itu, juga dihadiri Ketua Bawaslu Kota Palu, Forkompinda, Ketua Tim koaliasi partai pengusung Paslon dan masing-masing satu petugas penghubung.

Sebelumnya, KPU resmi menetapkan Pasangan calon atau Paslon Pemilihan Wali Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2020.

“Setelah melalui melalui rapat Pleno tertutup bersama seluruh Komisioner Kota Palu. Akhirnya kami mengambil keputusan menetapkan Paslon yang akan berlaga di Pilwakot Palu 2020,” ungkap Ketua KPU Palu Abdul Salim Wahid.

Baca juga: Positif Corona Kota Palu Bertambah Jadi 29 Orang

Penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Palu tahun 2020 dilakukan berdasarkan tahapan verifikasi berkas bakal pasangan Calon yang mana diketahui ada empat pasangan yang mendaftar pada pilkada Kali ini.

Ia mengatakan, empat pasangan calon itu berdasarkan verifikasi yang kami lakukan, sebagaimana yang tertuang dalam berita acara dan semua dinyatakan memenuhi syarat.

“Pasangan itu adalah Hidayat-Habsayanti ponulele, Aristan-Wahyuddin, Imelda Lilihana Muhidin- Arena Jr Parampasi, dan Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido,” urainya.

Dengan demikian, KPU pada Kamis 24 September 2020 akan melakukan pengundian pencabotan nomor urut kepada empat pasangan calon Pilkada Kota Palu.

“Besok akan dilakukan pencabutan nomor urut pasangan calon, yang insyaallah akan dilaksanakn besok pukul 8 di Hotel Santika,” terangnya.

Sebelumnya, pemeriksaan Kesehatan calon pasangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Walikota Kota, Palu Sulawesi Tengah melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota.

Kapolres Palu AKBP Riza Faisal mengatakan, pemeriksaan kesehatan para calon meliputi pemeriksaan jiwa, ujian tulis wawancara dan BNN pemeriksaan urine.

Kapolres mengatakan pemeriksaan para calon ini telah berlangsung selama tiga hari di Rumah Sakit (RS) Anutapura Palu.

Pemeriksaan ini lanjut dia, diikuti pasangan calon Walikota-Wakil Walikota Palu Drs.Hidayat. M.Si – Habsa yanti Ponulele, Aristan – Muh. Wahyudin, H. Hadiyanto Rasyid SE – Dr. Reny Lamajido dan pasangan Imelda Liliana Muhidin,SE – Arena Jr. Parampasi,SH.

“Hari ini merupakan hari terakhir pemeriksaan kesehatan Pasangan Calon, untuk pemeriksaan kesehatan selanjutnya akan di adakan di hotel Best Western Jalan Basuki Rahmat Kota Palu, yaitu pemeriksaan Psikologi,” tuturnya.

Kapolres Palu memaparkan, pemeriksaan para calon ini didamping KPU Kota Palu dan Bawaslu Kota Palu dan dikawal oleh personel pengamanan Kepolisian Polres Palu.

“Pemeriksaan kesehatan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palu ini dipimpin ketua tim Dr. Husaema (Ketua IDI Palu) dan Direktur RS. Anutapura Palu Bpk. Herry Mulyadi,” tutupnya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Parigi Moutong Jadi Tersangka

Laporan: Aldi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.