Parigi Moutong Tingkatkan Kapasitas Personel Damkar Lewat Diklatsar

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi kegiatan pelatihan dasar personel damkar (Foto/Facebook Pemadam Kebakaran Kab.Dharmasraya - SUMBAR)

Berita , gemasulawesi – Pemerintah Daerah (Pemda) , Provinsi , tingkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) personel pemula pemadam kebakaran () lewat pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar).

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Abdul Salim Sialea di sela-sela kegiatan Diklatsar, di Parigi, Senin 12 Desember 2022.

“Diklatsar tahap pertama diperlukan bagi petugas pemadam kebakaran pemula () untuk tingkatkan kapasitas keterampilan mereka di lapangan,” ucap Abdul Salim Sialea, di Parigi.

Ia menjelaskan bahwa setiap pegawai harus dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), sehingga kegiatan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan keterampilan para pekerja lapangan.

Baca: Pemkot Palu Salurkan Bantuan Logistik Korban Kebakaran Pasar Masomba

Karena petugas pemadam kebakaran secara khusus diharuskan memiliki lisensi berjenjang, mulai dari pertama, kedua, dan seterusnya, jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, otomatis tereliminasi dari tugas.

“Tugas teknis seperti ini perlu dilakukan secara profesional, jadi perizinan adalah bagian penting,” kata Salim.

Ia menjelaskan, sekitar 45 personel, termasuk 24 petugas pemadam kebakaran dan 21 staf Satpol-PP, terlibat aktif dalam Diklatsar karena selain polisi dibutuhkan petugas pengamanan untuk menjalankan tugasnya.

Baca: Kebakaran Balai Kota Bandung Jadi Tontonan, Ridwan Kamil Sebut Indonesia Negeri Wakanda

Salim mengatakan, terkait pemadam kebakaran, baik personel maupun sarana dan prasarananya adalah aset daerah, jadi tanggung jawab Pol-PP untuk penegak perda maupun petugas pengamanan aset daerah, tanggung jawabnya terletak pada siknkronisasi.

Pelatihan yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 11 hingga 15 Desember 2022 ini didukung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mengirimkan dua orang sebagai mentor keselamatan kebakaran.

Pembicara lainnya kemudian melibatkan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palu dalam kegiatan penyelamatan korban kebakaran dan teknik pemadaman kebakaran.

Baca: Damkar Parigi Moutong Keluhkan Keterbatasan Armada

Dia mengemukakakn bahwa setelah materi ruangan, mereka melanjutkan latihan untuk menyelamatkan para korban kebakaran gedung.

“Saat ini armada kita masih kekurangan kekuatan. Dari lima unit yang ada, hanya tiga unit yang bisa beroperasi, sedangkan luas kurang lebih 472 kilometer. Tentunya untuk menjangkau itu semua kita harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, agar respon lebih optimal,” pungkas Salim. (Ikh/Dn)

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.