Pemda Parigi Moutong, Gelar Rakor Penanggulangan Kemiskinan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Rapat TKPKD serta Evaluasi Penanggulangan Kemiskinan di Parigi Moutong. (Foto/Prokopim Parigi Moutong)

Berita , gemasulawesi – Pemerintah Daerah (Pemda) , gelar rapat koordinasi (Rakor) (TKPKD), dan evaluasi kegiatan penanggulangan kemiskinan di tahun 2022 di Aula Bappelitbangda, Senin 26 September 2022.

Laporan Panitia disampaikan oleh Seniwati, S.S., M.A.P. selaku fungsional perencana fungsi Bappelitbangda, tujuan pertemuan ini adalah untuk melaksanakan koordinasi TKPKD dalam pengendalian program penanggulangan Kemiskinan di Daerah.

“Dengan menilai pelaksanaan program percepatan penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selama 3 tahun terakhir dan mengetahui sistem pengentasan kemiskinan berbasis anggaran dan memahami program pemerintah secara rinci untuk mempercepat pengentasan kemiskinan ekstrim kemiskinan,” kata Seniwati saat melaporkan hasil evaluasi lapangan.

Wabub Badrun Ngai, SE dalam sambutannya saat gelar rapat koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan, saat ini angka kemiskinan ekstrim di meningkat sebesar 2,63 persen, yaitu 29,94 persen pada tahun 2021 dan 32,57 persen pada tahun 2022.

Ia mengatakan, pemetaan wilayah kemiskinan ekstrim di , yang dilakukan di 5 kecamatan yaitu Palasa, Tomini, Tinombo Selatan, Sidoan dan Toribulu, tentunya bukan hanya pidato dalam hal pengentasan kemiskinan, tetapi juga membutuhkan percepatan dan inovasi serta peran berbagai pihak secara terpadu.

TKPKD yang merupakan gabungan dari berbagai OPD terkait dan berbagai elemen lainnya untuk dapat mendiagnosa kondisi kemiskinan dan kerentanan masyarakat di .

Baca: Jeneponto Jadi Tuan Rumah Lomba Memanah dan Berkuda

“Saya menghimbau kepada seluruh pimpinan OPD terkait, Camat dan juga Kepala Desa untuk pro aktif dalam hal penanggulangan kemiskinan ini,” ucapnya.

Turut menghadiri rapat tersebut, Tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan dari Sekretariat wakil Presiden RI Bapak Edi Safrizal, Akademisi Universitas Tadulako Palu Ibu Rosida P. Adam, SE, M.Si, Wakil Ketua I DPRD Faisan Badja, Wakil ketua II DPRD Drs. Alfres Tonggiroh M.Si, kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Simon, S.Si,MM, Ketua Baznas Ir. H. Faisal Pangale, Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Ibu Najmawati SE,MM.,AK.CA, Camat dan Pimpinan OPD terkait lainnya. (*/Ikh)

Baca: Terus Menyusut, Lahan Pertanian di Makassar Tersisa 2.035 HA

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.