Pengusaha Lokal Parigi Moutong Akan Nikmati Manfaat Tol Laut

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Kadisperindag Parigi mouotng, Muhammad Yasir SE, MM. (Foto/Dok gemasulawesi.com)

Berita , gemasulawesi – Pengusaha lokal Parigi Moutong akan diupayakan bisa menikmati manfaat untuk mendukung akses pemasaran produk ke luar daerah. Hal itu diungkapkan, Kepala Disperindag , Muhammad Yasir SE, MM di Parigi, Minggu 10 April 2022.

“Untuk pasar, terlebih dahulu Disperindag akan mencari peluangnya. Setelah itu pedagang atau pengusaha kita arahkan mulai mengirim logistic. Karena tidak ada gunanya logistik dikirimkan jika pasarnya saja belum jelas,” tuturnya.

Langkah lanjut dari Diperindag kata dia, dalam waktu dekat ini akan mengunjungi Bitung, Provinsi Sulawesi utara sebagai tujuan pasar dengan menegosiasi pemerintah setempat agar bisa menyuplai barang.

Baca: Delapan Objek Wisata di Bali, Murah Namun Bikin Gairah

Yasir juga mengatakan, pelabuhan Bitung bisa dijadikan pangkalan untuk melayani trayek Parigi. Harapannya, pedagang asal , kedepannya bisa lebih leluasa mengirim logistik menyesuaikan kebutuhan pasar.

“Baru satu pengusaha lokal yang memanfaatkan dari pelabuhan Parigi. Pengusaha lokal   itu menggeluti sektor komoditi beras,” terangnya.

Sayangnya kata dia, pemanfaatan masih terkesan belum maksimal dari pengusaha tersebut, dimana dari 500 ton per bulan, hanya 200 ton yang melalui jalur laut, sedang sisanya melalui jalur transportasi darat.

Baca: Parigi Moutong Dorong Pengusaha Manfaatkan Tol Laut

Untuk itu pihaknya akan mencoba menjajaki pasar untuk produk selain beras di wilayah Bitung, tentu untuk lebih matangnya Disperindag akan mengundang pelaku usaha membahas perencanaan lebih terarah dalam hal memfasilitasi dan mendukung transaksi penjualan produk andalan daerah.

“Sesuai kebijakan Kementerian Perhubungan, jalur laut ke Parigi tidak lagi dilakukan pada perangkat yang sebelumnya melayani tujuan Parigi, Tinombo, Talamuta, Provinsi Gorontalo, kini jalur tersebut dibuka hanya untuk Pelabuhan Parigi, Talamuta dan akan langsung ke Bitung.” Katanya.

Pelabuhan Parigi saat ini tidak hanya melayani jalur laut, tetapi juga jalur laut perintis untuk memudahkan akses antar pulau di kawasan Teluk Tomini. (dn)

Baca: Disperindag Parigi Moutong Segera Sosialisasikan Pemanfaatan Tol Laut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.