Persiapan Festival Durian di Parigi Moutong Kian Dimatangkan

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Sekda Parigi foto bersama Dirjen Hortikultura Republik Indonesia (Foto/Prokopim Setda Parigi moutong)

Sulawesi Tengah, gemasulawesi – Pemerintah Kabupaten , Sulawesi Tengah akan menggerlar . Segala persiapan untuk mensukseskan di dilakukan.

Pemerintah daerah bahkan melakukan kunjungan ke kantor Kementrian Pertanian (Kementan RI), Selasa 17 Januari 2023 lalu, untuk membahas persipan di .

Kementerian Pertanian melalui Dirjen Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto mengapresiasi acara yang nantinya akan berlangsung di tersebut.

Baca: Sepi Peminat Pendaftar Petugas Haji Kurang Dari Target Kemenag Parigi Moutong

Prihasto mengatakan, agenda tersebut sudah tepat bila dilaksanakan di . Dia menjamin, permerintah pusat juga pasti mendukung itu.

Melanjutkan, Mountong khas sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan ia mengaku berlangganan asal kabupaten Songulara Mombangu pada seorang pedagang buah di Pasar Minggu, Jakarta.

“Saya mengakui setiap weakend saya sering hunting ke pasar Minggu dijakarta dan saya lihat sendiri asal diturunkan dengan beberapa mobil truk dipusat buah pasar Minggu yang siap untuk didistribusikan ke para pelanggan dibeberapa daerah.”tuturnya.

Baca: Pemda Parigi Moutong Siapkan Enam Ribu Blanko E-KTP Remaja Usia 17 Tahun

Prihasto menjelaskan, asal mempunyai ciri khas yang berbeda dari sejenisnya. Sebab rasanya lebih manis serta warnanya pun juga lebih kuning.

Dirjen berharap dengan adanya di menjadikan mempunyai brand tersendiri. Sehingga katanya, Pemkab perlu membuat desain yang matang antara daerah dan kementrian serta dukungan anggaran dari Direktur Buah dan Hortikultura.

Pihak kementrian juga akan memberikan penguatan serta mengundang para petani unggul dan pelaku usaha di beberapa daerah di Indonesia. Sehingga harapannya, selain dilaksakan lomba dan beberapa acara seremonial lainnya, juga dilakukan bisnis matching dimana kelompok tani akan bertatap muka langsung dengan para pengusaha .

Baca: Pemda Parigi Moutong Usulkan Pengadaan Air Bersih dan Listrik Huntara Torue

“Kemudian juga dilakukan seminar bagi kelompok tani tentang beberapa kendala mulai dari proses tanam, panen hingga penjualan. Pada kesempatan itupula akan dilaksakan pelepasan varietas unggul lainnya yang selama ini belum rilis untuk didaftarkan sebagai varietas ,” tutupnya. (*/NRL)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.