Sepanjang Tahun 2022 Ada Puluhan Kasus Penggunaan Obat Ilegal di Manado

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Ilustrasi obat. (Foto/Pixabay)

Kesehatan, gemasulawesi – Sepanjang tahun 2022 terdapat 27 kasus penggunaan obat ilegal di Manado. Jumlah ini berdasarkan data yang disampaikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Manado.

Kepala BPOM Kota Manado, Dra. Hariani mengatakan,penyalahgunaan obat-obatan ilegal paling banyak terjadi kecamatan Singkil.

“Terjadi peningkatan penyalahgunaan obat – obatan ilegal di Kecamatan singgkil paling banyak. Ditahun 2021 ada 22 kasus kemudian pada tahun 2022 ada 27 kasus,” kata Hariani, Rabu 7 Desember 2022.

Baca: Pemkot Makassar Bentuk Unit Layanan Pekerja Disabilitas

Melanjutkan katanya, ada pula kasus lain seperti ditemukannya kandungan zat berbahaya dalam obat-obatan yang sebenarnya sudah lama ditarik, akan tetapi masih diproduksi  secara ilegal.

Kasus penggunaan obat ilegal di Manado ini juga dibenarkan oleh Asisten I Sekretariat daerah kota (Setdakota) Manado, Herry Saptono menerangkan, disejumlah lokasi  di Manado banyak ditemukakan bungkus kosong obat komix.

Hal ini dilaporkan petugas kebersihan. Diduga anak – anak remaja mengkomsumsinya pada malam hari.

Baca: Buat Kamu yang Kepo, Ini 5 Deretan Artis Korea Berstatus Janda

“Menurut laporan petugas kebersihan yang mengatakan, kalau pagi hari sering menemukan banyak tumpukan sachet Komix yang diduga dikonsumsi malam hari sebelum dibersihkan,” tutur Herry Saptono.

Untuk mengatasi hal demikian, wali kota Manado, sudah melakukan langkah penanggulangan dengan menambah penerangan jalan umum (PJU) di area area tertentu serta memasang CCTV supaya bisa mengetahui dan memantau sehingga bisa langsung ditindak.

Banyaknya kasus penyalahgunaann obat – obatan ilegal yang dilakukan remaja – remaja di Manado.Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Pontowuysang Kakauhe meminta, agar dibentuknya tim terpadu.

Baca: Pemkot Palu Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa Cianjur

Bertujuan untuk melakukan sosialisasi terhadap para remaja terkait bahaya pengunaan obat – obatan ilegal.

“Sosialisasi perlu digencarkan dan tim terpadu dibentuk sampai ke lingkungan, agar bisa mengatasi hal seperti itu,” pintanya. (*/NRU)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.