Ternyata Supir Bus di KTT G20 Diseleksi Secara Ketat

waktu baca 2 menit
Foto Damri Listrik KTT G20 (Twitter.com)

Nasional, Gemasulawesi – Sopir bus listrik yang beroperasi pada ternyata diseleksi dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Mereka bukan hanya diseleksi namun juga diberikan pendidikan serta pelatihan sebelum akhirnya diperbantukan menjadi supir di KTT G20 yang bertempat di Bali.

Kemampuan mengoperasionalkan bus listrik dan juga sikap para sopir merupakan hal-hal yang diperhatikan dalam seleksi. Para sopir bus pun ada yang sudah datang ke Bali sejak 25 Oktober 2022 untuk mempelajari dan juga menghafal rute bus listrik yang akan mereka lalui mengingat mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Bus listrik yang digunakan pada KTT G2P sendiri adalah diproduksi PT Industri Kereta Api (Inka) yang bisa menempuh jarak sekitar 160 kilometer dalam kondisi baterai telah terisi penuh sebelum harus kembali ke pangkalan untuk pengisian daya bus listrik ini.

Baca: Makassar Terendam Banjir, Usai Cuaca Ekstrim

Selain itu ada juga Bus Listrik Merah Putih (BliMP) KTT G20 di Bali yang adalah hasil kolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) itu ialah PT. Industri Kereta Api (INKA) dan empat perguruan tinggi yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

listrik dioperasikan hingga KTT G20 berakhir dan terkhusus pada 15-17 November 2022, operasi bus akan dimulai pukul 06.00-08.00 Wita yang akan langsung menuju titik-titik penting KTT G20.

Selain bus Listrik untuk mendukung perhelatan KTT G20 ini dikutip dari dari Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), umum Pemerintah menggunakan 1.452 kendaraan listrik untuk .

Baca: Perumnas Antang Sering Jadi Langganan Banjir, Warga Sebut Pemkot Makassar Tak Punya Solusi

Rinciannya adalah, 962 mobil listrik, 454 motor listrik, dan 36 bus listrik, yang berasal bukan hanya dari satu namun dari berbagai produsen otomotif. (*/GLR)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.