Perumnas Antang Sering Jadi Langganan Banjir, Warga Sebut Pemkot Makassar Tak Punya Solusi

waktu baca 2 menit
Banjir Kembali Terjadi di Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Foto/Nurul Rahmatun Ummah/gemasulawesi)

Nasional, Gemasulawesi blok Vlll, lX dan X, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, Kota , Sulawesi Selatan kembali direndam dengan ketinggian 2 meter, pada Sabtu 19 November 2022.

Hal ini memaksa ratusan warga harus memilih mengungsi, untuk menyelamatkan diri.

Menurut warga yang merendam perumahan tersebut terjadi setiap tahunnya. Bahkan telah menjadi agenda rutin tahunan bagi masyarakat yang bermukim di sana.

Tak hanya berlanganan terhadap bencana tahunan itu. Warga telah menyesuaikan diri, saat air merendam rumah mereka hingga ketinggian 2 meter.

Baca: Ini Alasan Mengapa ‘Ibu Negara’ Jadi Treding di Twitter

Menurut M. Jihadul Arifin salah satu warga yang tinggal di menjelaskan, ia sekeluarga selalu mengungsi di tempat saudara yang tidak jauh dari rumahnya.

Sejak 10 tahun terakhir air selalu masuk ke dalam rumahnya dengan ketinggian 1 meter. Bapak 8 anak tersebut menjelaskan, rumahnya paling terakhir dikena .

“Dulu rumah saya tidak pernah masuk , namun semejak tahun 2012 rumah saya juga itu diterjang ,” terangnya.

Pria berumur 50 tahun ini menyebutkan, dirinya heran asal air yang menjadi sumber datang darimana. Sebab, walaupun tak diguyur hujan tetap saja ketinggian genangannya meningkat.

Melanjutkan, padahal didaerah itu telah dibangun sebuah kolam regulasi. Namun, tetap saja tak memberikan solusi atas masalah yang sering terjadi.

Baca: Tampil dengan Gaya Nyentrik, Menteri Basuki Jadi Fotografer Andal Jokowi di G20 Bali

M. Jihadul menerangkan, dirinya kerap mengganti barang elektronik dikarenakan rusak akibat . Mencontohkan, seperti kulkas, mesin cuci, atau tv.

“Biasanya rusak karena direndam air pas surut dicek ndak bisa lagi berfungsi kerena rusak,” terangnya.

Sebenarnya dia mempertanyakan peran pemerintah setempat. Pasal hingga kini belum menemukan penyelesaian atas banjir yang menerjang perumahan .

Dia pun meminta, agar pemerintah setempat lebih memperhatikan masalah banjir yang memaksa ratusan warga mengungsi dan menyebabkan banyak kerugian.

Gemasulawesi telah mencoba mengkonfirmasi Lurah Manggala, Arwinah Aminuddin, terkait banjir yang kerap terjadi. Namun hingga berita ini diturunkan Lurah Manggala belum meresponnya. (*/NRU)

Editor: Gracesilia Shea Arsiane

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.