20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

waktu baca 11 menit
Ket Foto: Salah Satu Objek Wisata di Manado, Pulau Siladen. (Foto/Istimewa)

Sulawesi utara, gemasulawesi – Mendengar kata destinasi wisata di Indonesia pasti yang ada di pikiran kalian adalah kota Bali, Jojga, Malang dan juga Lombok. Kota-kota tersebut sudah sangat umum menjadi tujuan wisata dari seluruh Indonesia maupun luar negeri. Kali ini kita akan mengungkap menarik di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.

Seperti yang kalian tahu bahwa Indonesia adalah world of paradise, yakni negara dengan keindahannya yang luar biasa pada setiap inci yang ada. Kamu bisa menemukan pantai cantik, gunung yang gagah, persawahan dan banyaknya flora dan fauna di setiap sudut.

Namun pernahkah kalian mengunjungi kota ? juga salah satu kota di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata pilihan. Terdapat banyak sekali di yang bisa kamu kunjungi tak kalah menariknya dengan di kota lainnya.

Kota yang terletak di bagian utara pulau Sulawesi ini menyimpan keindahan yang mungkin kurang diekspos. Kunjungi dan jadilah orang-orang beruntung yang bisa menyaksikan keindahan di .

20 di Manado yang Harus Dikunjungi

Berbicara mengenai Manado, pasti sudah sangat tidak asing di telinga karena merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Manado dikenal dengan makanan-makanan nya yang lezat dan juga identik dengan wanita-wanitanya yang berparas cantik khas Indonesia.

Tidak hanya itu saja, keindahan Manado juga ada pada kekayaan luar biasa panoramanya yang sangat menarik dan bisa kamu jadikan referensi kota tujuan wisata bersama keluarga, teman, maupun pasangan.

Bagi kamu mungkin yang mengerti tentang lokasi Manado, dipikiran kamu pasti sudah membayangkan laut biru yang indah membentang. Jangan salah ya, Manado juga punya wisata lain seperti air terjun loh. Luar biasa sekali bukan?

di Manado sangat beragam dan bisa kamu kamu pilih sesuai keinginan, jika ingin ke pantai, Manado memiliki banyak pulau dengan pantai indahnya. Ingin ke air terjun dan wisata alam lainnya? Manado juga punya. Tertarik mengunjungi Manado?

Kami memberikan rekomendasi 12 daftar di Manado harus kamu  kunjungi. Dengan rekomendasi ini pastinya kamu akan jatuh cinta dengan Manado dan kemudian menentukan di Manado mana yang akan menjadi tujuan kamu.

  1. Taman Nasional Pulau Bunaken

20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Tidak asing dengan nama Bunaken? Atau kamu baru tahu kalau Bunaken terletak di Manado? Taman nasional Bunaken sudah menjadi sangat terkenal dan banyak menjadi sasaran favorit di Manado.

Tidak hanya dari Indonesia saja, Bunaken juga dikunjungi oleh wisatawan dari luar negri. Pulau Bunaken sendiri merupakan warisan dunia UNESCO yang tentu bukan tanpa alasan. Bunaken memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa indah dan terjaga.

Seperti yang kamu tahu bahwa Manado sendiri sudah menjadi kota yang maju dengan pembangunan infrastruktur nya yang baik tentu akan membuat banyak wisatawan mengunjungi kota ini, salah satunya taman nasional Bunaken.

Di pulau Bunaken, kamu bisa merasakan indahnya ciptaan sang kuasa yang banyak dijatuhkan di negara tercinta kita Indonesia, terutama keindahan alam bawah lautnya. Kamu bisa snorkeling, diving dan juga berenang dengan asyik disini.

Tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan, banyak penginapan disekitar yang bisa disewa dan juga makanan yang lezat dengan harga pas di kantong. Tertarik mengunjungi Bunaken? Kamu harus kesana jika pergi ke Manado.

  1. Pulau Manado Tua

20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Pulau Manado tua ini merupakan gugusan dari Bunaken. Terdapat beberapa pantai yang bisa kamu temukan jika mengunjungi pulau Manado Tua ini seperti Pantai Apeng Datu, Apeng Gugu, Apeng Salah, dan Batu Layar yang juga banyak dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata di Manado ini tidak hanya unggul di keindahan alam bawah lautnya saja. Kamu juga bisa naik ke puncak gunung untuk melakukan trekking ke puncak Bowong Tehung untuk menikmati sunset di pulau Manado tua.

Membayangkannya saja sudah sangat luar biasa indahnya. Ditambah lagi kamu bisa melihat banyak lumba-lumba di pulau ini.

  1. Pulau Siladen

20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Terletak di Timur laut Bunaken menjadikan pulau Siladen juga bisa kamu jadikan destinasi selanjutnya karena tidak begitu jauh, yakni hanya 45 menit saja dari Bunaken.

Apa keunggulan dari pulau ini? Kurang lebih sama dengan pulau lain yang mengandalkan keindahan bawah lautnya. Namun pulau Siladen juga memiliki air yang bening dan pantainya putih bersih. Pulau ini memiliki 2 spot menyelam andalan yaitu Siladen satu dan Siladen dua.

  1. Pulau Lihaga

20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Daftar tempat wisata di Manado yang selanjutnya yaitu pulau Lihaga. Pulau ini terlihat seperti pulau privat dan sangat luas dengan pasirnya yang putih dan airnya yang jernih.

Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menaiki kapal atau juga menyewa speedboat dari Serei di Likupang Barat. Tentu akan menjadi pengalaman yang luar biasa bagi siapapun yang kesana.

  1. Air Terjun Ratahan Telu

20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Bagi kamu yang ingin ke tempat wisata dengan suasana hijau alam, Manado memiliki air terjun yang sangat indah dengan nama Ratahan Telu. Tempat ini sangat bisa kamu jadikan destinasi wisata karena air terjun ini sudah banyak dikunjungi dan mendapat banyak komentar positif.

Air terjun ini berjarak 20 km saja dari kota Manado, tepatnya di Jalan Pineleng-Kali, Kali, Pineleng, Kabupaten Minahasa. Suasana hijaunya dan udara yang sejuk sangat pas untuk para wisatawan.

Bagi kamu yang ingin ketenangan, tempat wisata di Manado ini sangat pas. Suasana hijau, udara sejuk suara air yang menyegarkan tentu akan sangat membuat siapa saja betah berlama-lama berada disini.

  1. Pantai Patokan

20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Empat jam dari pusat kota Manado tidak membuat pantai ini sepi pengunjung loh. Tempatnya berada di Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, . Apakah worth it untuk di kunjungi?

Kamu yang hendak ke pantai ini mungkin akan berpikir bahwa itu hanya akan membuat capek dan tidak puas. Tapi jangan salah, keindahan pantai ini disamakan dengan pantai yang ada di Yunani loh, yaitu pantai Pantai Navagio di Pulau Zakynthos yang sudah di akui dunia.

Tidak perlu pergi jauh-jauh ke Yunani kan? Cukup melakukan perjalanan 4 jam saja dari pusat kota Manado. Pantai ini diapit oleh 2 tebing dengan air nya berwarna hijau kebiruan dan pasirnya yang berwarna putih.

  1. Citraland Waterpark Manado

Bagi kamu yang mungkin tidak sedang ingin berlibur di alam terbuka, Manado juga memiliki Waterpark yang tentu bisa kamu jadikan destinasi tempat wisata. Citraland Waterpark ini tentu sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain bersama orang-orang tersayang.

Wahana air di Waterpark ini cukup lengkap dengan kolam renang yang juga tersedia bagi anak-anak dan orang dewasa. Ada cafe dan restoran yang juga disediakan membuat liburan lebih menyenangkan dan pengunjung tidak akan kelaparan ketika sedang berenang.

  1. Arung Jeram desa Timbukar

Suka sesuatu yang menantang? Mungkin tempat wisata di Manado ini bisa menjadi pilihan kamu. Arung jeram atau biasa dikenal dengan rafting ini terletak di sungai Nimanga, Desa Timbukar, Kota Manado.

Tidak perlu khawatir bagi kamu yang baru mau mencoba, grade dari sungai ini adalah III-IV yaitu masih kategori aman bagi para pemula. Tertarik mencoba? Pastikan tempat wisata ini ada di list liburan kamu, ya.

  1. Danau Linow

20 Daftar Tempat Wisata di Manado yang Harus Kamu Kunjungi

Dikenal sebagai danau terindah seantero pulau Sulawesi membuat siapa saja membayangkan betapa indahnya danau ini. Kelebihan danau ini adalah warna airnya yang bisa berubah warna seperti hijau, biru dan juga coklat.

Perubahan warna pada danau ini dikarenakan adanya aktivitas vulkanik yang masih aktif hingga saat ini.

  1. Taman Kesatuan Bangsa

Kamu bisa menghabiskan waktu luang dengan bersantai di taman Kesatuan Bangsa ini. Taman ini merupakan taman serbaguna yang banyak didatangi oleh para pengunjung.

Di Taman Kesatuan Bangsa terdapat taman, Teater Terbuka, Monumen Dotu Lolong Lasut, dan Pusat Informasi wisata di Manado. Jadi, kamu bisa melihat pertunjukan seni dan budaya yang ada di Minahasa. Tidak perlu tiket masuk untuk ke taman ini dan terbuka hingga 24 jam.

  1. Tugu Boboca

Tugu Boboca bisa kamu jadikan destinasi tempat wisata di Manado dengan ciri khasnya yakni bentuk monumen seperti tugu. Tugu Boboca berbentuk seperti tentakel gurita yang sangat unik sehingga banyak yang menjadikanya sebagai spot foto yang estetik.

Di sekitar tugu yang indah ini ternyata juga berdekatan dengan pantai Malalayang yang indah. Kamu bisa melihat matahari terbenam dan angin sepoi-sepoi dari tugu ini.

  1. Kampung Cina

Indonesia terkenal dengan keberagaman budaya dan agamanya dan salah satunya adalah kota Manado. Di Manado terdapat sebuah kampung yang juga menjadi kawasan tempat wisata di Manado yang bisa kamu kunjungi.

Kampung Cina biasa disebut dengan Pecinan Manado merupakan pemukiman lama atau tua yang isi oleh para etnis Tionghoa dengan adanya klenteng Ban Hing Kiong yang sudah ada sejak tahun 1800 an loh, tepatnya berada di Kelurahan Calaca, Kecamatan Wenang.

Sebagai wisatawan, kamu bisa melihat keindahan dan ornamen seni yang ada di pemukiman tua dan juga membeli sesuatu yang berbau etnis China. Wisata ini banyak dikunjungi karena memiliki nilai pengetahuan dan sejarah.

  1. Tahura Gunung Tumpa

Tahura Gunung Tumpa merupakan wisata alam hits dengan dikelilingi pemandangan indah dari ketinggian 600 mdpl. Lokasi tempat ini berada di di Tongkaina, Bunaken, Kota Manado.

Dari atas puncak Gunung Tumpa, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah berupa Gunung Lokon di sisi selatan Kota Manado, Gunung Klabat dan Pulau Manado Tua yang berada di sisi barat Teluk Manado.

  1. Pantai Tatiala

Pantai Tatiala atau juga dikenal dengan nama lain Pantai Batu Hitam ini memang belum begitu populer, namun lingkungannya masih sangat asri dan bersih. Pantai ini terletak di wilayah Molas, Batu Hitam, Kecamatan Bunaken, Kota Manado.

Pengunjung dapat berkemah, bersantai ria, serta berfoto-foto dengan menikmati suasana pantai. Untuk ke pantai ini, bisa melalui jalur darat dengan menggunakan mobil atau motor yang memakan waktu tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Manado.

  1. Jembatan Soekarno

Jembatan yang sebelumnya bernama Jembatan Nyiur Melambai ini memiliki panjang sekitar 1.127 meter yang terbentang di atas pasar bersehati.

Jembatan ini menjadi tempat favorit bagi para anak muda untuk menghabiskan waktu pada malam hari dengan ditemani lampu kelap kelip untuk menunjang keromantisan..

Dari jembatan ini, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan berbagai pemandangan yakni diantaranya Taman Sindulang, Manado Tua, Pulau Bunaken, dan juga Pelabuhan Manado.

  1. Gardenia Country Inn

Wisata yang satu ini berupa taman yang luas dengan dihiasi berbagai macam jenis bunga serta pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata.

Memiliki letak di Jalan Kawiley, Kakaskasen Dua, Tomohon Utara, Kota Tomohon, tempat ini menawarkan pemandangan gunung Lokon yang berdiri kokoh tepat di sebelah selatan Kota Tomohon.

Fasilitas yang bisa didapat pada tempat wisata ini yakni kebun, restoran di tengah taman yang penuh bunga, dan penginapan dengan kamar yang terbuat dari kayu.

Selain bisa berfoto-foto dengan berbagai pemandangan yang indah, pengunjung juga dapat menikmati olahan makanan fresh yang ditanam langsung di kebun ini.

Yang lebih menyenangkan, pengunjung tidak perlu membayar biaya untuk menikmati pemandangan menawan bak negeri dongeng ini.

  1. Puncak Tetetana Kumelembuai

Tempat wisata di Manado yang memiliki konsep dataran tinggi yang bisa dikunjungi adalah puncak tetetana kumelembuai. Namanya memang agak sulit diucapkan, namun jangan salah, tempat ini sangat indah dan layak dikunjungi bersama rombongan atau orang tersayang.

Jika kalian memiliki hobi mendaki, tempat ini menjadi salah satu solusi yang pas dan agak menantang. Nantinya pada puncak tersebut Kamu dapat melihat keindahan pemandangan kota Manado dari atas ketinggian.

Tidak hanya itu saja, Kamu bahkan dapat melihat kota-kota lain yang ada pada wilayah . Tempat ini selalu ramai dikunjungi di saat matahari terbit atau tenggelam.

  1. Bukit Teletubbies

Jika kalian merupakan anak kelahiran tahun 90-an, bukit ini pasti tidak asing lagi. Pada kartun Teletubbies, bukit ini sering muncul. Begitu pula dengan tempat yang kita bicarakan saat ini. Bukit ini dijuluki bukit teletubbies karena memiliki kemiripan dengan kartun tersebut.

Sejauh mata memandang, saat Kamu mengunjungi tempat ini, akan ada hamparan hijau yang indah yang menyejukkan mata. Bukit ini masih asri dan jarang dikunjungi. Jadi jangan sampai membuang sampah sembarangan yang bisa merusak pemandangan.

  1. Hutan Lahendong

Ada lagi nih tempat wisata nuansa romantis di kota Manado yang bisa Anda kunjungi, namanya Hutan Lahendong. Tempat ini merupakan hutan dengan jejeran banyak pohon pinus yang menyelimuti. Mata kita akan dimanjakan dengan  rimbunnya pohon yang ada.

Pada tempat ini juga kalian akan menemui sebuah kawah yang berisi air panas dari aktivitas vulkanik. Kalian nantinya juga dapat memesan aneka kuliner serta beberapa sajian masakan yang telah disediakan di Hutan Lahendong.

  1. Gunung Payung

Jangan salah paham dengan gunung payung yang satu ini. Ini bukan gunung yang terdapat banyak payung diatasnya. Tempat ini sangat direkomendasikan terutama bagi Kamu yang suka mendaki karena letak surga tempat ini berada pada puncak gunung.

Di puncak gunung, kamu akan disajikan pemandangan indah layaknya negeri di atas awan. Namun tempat ini sedikit ekstrim karena memiliki medan yang cukup berat, yakni memiliki kemiringan mencapai 45 derajat saat mendaki.

Sudahkah menentukan tempat wisata di Manado yang akan kamu kunjungi? Ke-20 daftar destinasi wisata diatas semoga bisa menjadi referensi. Sebelum pergi liburan, tentu Kamu harus mengerti tujuan terlebih dahulu agar liburan sesuai dengan ekspektasi. (*/Fan)

Baca: Berburu Oleh Oleh Khas Palu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

5 Komentar

  1. Deysi

    Terima.kasih ulasannya, sayang tidak dilengkapi dengan gambar

    Balas
    • Deysi

      terima kasih masukannya, nanti kami coba lengkapi dengan gambar.

      Balas
      • Juga alamat perlu lengkap
        Gema

        Msh ada lagi,,,pasir timbul di pulau nain,,,,sangat indah dipandang dan mandi,,,,nikmat sekali

        Balas
  2. Robert Laoh

    Tempat wisata mangrow di Desa Palaes dan Pulau Paniki Desa Palaes perlu dikunjungi, yang memiliki keindahan dan warna lain di dunia Pariwisata.

    Balas
    • Robert Laoh

      terima kasih masukannya, artikel berikutnya kami akan ulas tempat wisata tersebut.

      Balas
Sudah ditampilkan semua