Unhas Jalin Kerjasama dengan PAIR Wujudkan Ekonomi Biru

waktu baca 2 menit
Ket Foto: Pertemuan antara pihak Universitas Hasanuddin dan PAIR. (Foto/Facebook Universitas Hasanuddin)

Sulawesi selatan, gemasulawesi – Universitas Negeri Hasanuddin () Makassar, Sulawesi Selatan jalin kerjasama dengan lembaga penelitan kemitraan Indonesia asal , yaitu Partnership for -Indonesia Research () untuk mewujudkan ekonomi biru yang berkelanjutan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Eksekutif -Indonesia Centre Dr Eugene Sebastian, beberapa waktu lalu di Makassar.

Dr Eugene Sebastian melanjutkan, saat ini ingin fokus pada ekonomi biru atau pengembangan “coastal” dan “marine” untuk kelautan dan perikanan daerah pesisir.

Baca: BBPOM Manado Temukan Bakteri Patogen di Air Minum Isi Ulang

“Tentu saja ada fokus yang sangat besar dari untuk berkontribusi pada ekonomi biru, khususnya dalam pengembangan rumput laut,” katanya.

Dari Dr Eugene Sebastian diketahui dikesempatan itu nantinya Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk Forum ASEAN, nantinya dapat dijadikan peluang agar mampu menyuarakan kembali serta memperbesar diskusi tentang ekonomi biru terkait kelautan.

“Kerjasama riset yang bersama memang fokus dalam tiga area kerjasama, salah satunya adalah mengenai pengembangan potensi rumput laut,” kata Eugene Sebastian.

Baca: Elon Musk Pulihkan 12.000 Akun Twitter Penyebar Hoax yang Diblokir

Sementara itu, Rektor Prof Dr Jamaluddin Jompa, menjelaskan rumput laut merupakan salah satu komoditi andalan di Sulawesi Selatan. Hal ini dapat terlihat dari besarnya nilai ekspor rumput laut para nelayan ke berbagai negara tujuan.

“Rumput laut perlu riset bagaimana agar perkembangan dan hasil produksi rumput laut petani semakin meningkat serta mendorong kesejahteraan masyarakat nelayan,” katanya.

Disisi lain, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP)  Sakti Wahyu Trenggono menegaskan untuk sekarang pihaknya mengutamakan percepatan lima program berbasis ekonomi biru.

Baca: Turnamen Sepak Bola Anwar Hafid Cup 2022 di Morowali Menjadi Berkah Bagi Pelaku UMKM

Adapun lima program berbasis ekonomi biru tersebut berfungsi untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi di wilayah pesisir, peningkatan kesejahteraan masyarakat sampai pada menjaga kesehatan ekosistem laut. (*/NRU)

Editor: Muhammad Azmi Mursalim

Ikuti Update Berita Terkini Gemasulawesi di : Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.